Jumaat, April 16, 2021

Sahih muslim kitab puasa sesi 14s

Sahih muslim kitab puasa sesi 14s

١٤ -  الصيام » ٥٦٥ -  صوم سرر شعبان
14. Puasa » 565. Puasa di akhir-akhir bulan sya'ban

باب صَوْمِ سَرَرِ شَعْبَانَ: 
- nabi saw banyak berpuasa di bulan Syaaban.
-ada hadits2 larangan separuh akhir bulan Syaaban.
-jangan mendahului Ramadan atau puasa ahujung bulan Syaaban.
- perbuatan Nabi saw berpuasa?
- kita kena pakai yang dia kata, yang dia buat belum mesti dibuat bila ada dua ;satu perbuatan dan perkataan. Kena utamakan yang dia kata .
-contoh dalam 
Bab berpuasa bulan Syaaban ini,
Bab berkahwin lebih dari 4,
Bab solat sunat selepas asar,
- Nabi saw berpuasa bukan kerana kelebihan  bulan Syaaban tetapi memberi peluang kepada isteri2nya menunaikan ibadat ganti puasa dan menjaga hati isterinya.
-hadits2 memberitahu puasa yang afdal selepas puasa Ramadan adalah puasa di bulan Muharam bukan Syaaban.
-bagi orang yang biasa telah berpuasa atau bernazar di kecualikan dari larangan puasa di bulan Syaaban.

١٩٧٩ - حَدَّثَنَا هَدَّابُ بْنُ خَالِدٍ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ ثَابِتٍ عَنْ مُطَرِّفٍ وَلَمْ أَفْهَمْ مُطَرِّفًا مِنْ هَدَّابٍ عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَهُ أَوْ لِآخَرَ أَصُمْتَ مِنْ سُرَرِ شَعْبَانَ قَالَ لَا قَالَ فَإِذَا أَفْطَرْتَ فَصُمْ يَوْمَيْنِ

1979. Telah menceritakan kepada kami Haddab bin Khalid telah menceritakan kepada kami Hammad bin Salamah dari Tsabit dari Mutharrif -dan saya tidak paham Mutharrif dari Haddab- 
dari Imran bin Hushain radliallahu 'anhuma, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bertanya (bersabda)kepadanya atau kepada yang lain: "Apakah kamu telah berpuasa di hari-hari akhir bulan Sya'ban?" ia menjawab, "Tidak." Beliau bersabda: "Jika kamu telah usai menunaikan puasa Ramadlan, maka berpuasalah dua hari."(sebagai gantinya)

Hadit 1979
dari Imran bin Hushain radliallahu 'anhuma, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bertanya (bersabda)kepadanya atau
-atau menunjukkan syak perawi.
-dia tidak jelas menceritakan kepada I ran atau kepada orang lain.
-jadi ikut kaedah ilmu hadits kena bagi tau yang syak atau itu.ini amanah ilmu.
-ulamak buat kesimpulan,bila kita tak berapa ingat hadits kita kena kata au ka ma ko alai hi sallam tu wa salam..bermaksud lebihkurang begitulah maksud nabi saw.
-sebab kita tak yakin.
-dan memperlekeh orang kat begitu..
-Mohamad  Ibnu Sirin tak terima riwayat dengan makna.
Minit 22
-sahabat Amr bin Ash sangat takut ketika meriwayatkan menyebabkan maksud nabi saw tak sampai .
-Ibnu Masud bila baca nak hadits berpeluh-peluh, begitu takut...
-sahabat2 bawa hadits sangat cermat..
-dosa mereka2 hadits atau hadits palsu kena mengucap semula.
-bagi mmay mungkin sebab cara mengaji yang tak betul..yang tak ambil berat pengajian hadits dan sanad2nya.
-kesannya masyarkat mati jiwanya dan tiada cahaya.

kepada yang lain: "Apakah kamu telah berpuasa di hari-hari akhir bulan Sya'ban(awal,tengah atau hujung)?" 
-sekali tengok macam penting atau nabi saw ambil berat tentang puasa Ramadan.
-sedangkan ini orang yang dikecualikan iaitu orang yang telah biasa atau bernazar..
-jika tidak, akan bercanggah antara hadits?
-jika difahami betul2 ianya tidak bercanggah.
-jika yang dimaksudkan ini akhir atau tengah bulan akan bercanggah dengan larangan puasa bulan Syaaban.
-jadi nabi saw menjelaskan yang dilarang orang yang tidak biasa berpuasa pada masa itu.
ia menjawab, "Tidak." Beliau bersabda: "Jika kamu telah usai menunaikan puasa Ramadlan, maka berpuasalah dua hari."(sebagai gantinya)
-nabi saw nak ajar bila sudah biasa buat yang sunat  jangan diabaikan ,kerana amal berkekalan disukai Allah.


١٩٨٠ - و حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ عَنْ الْجُرَيْرِيِّ عَنْ أَبِي الْعَلَاءِ عَنْ مُطَرِّفٍ عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِرَجُلٍ هَلْ صُمْتَ مِنْ سُرَرِ هَذَا الشَّهْرِ شَيْئًا قَالَ لَا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَإِذَا أَفْطَرْتَ مِنْ رَمَضَانَ فَصُمْ يَوْمَيْنِ مَكَانَهُ

1980. Dan Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun dari Al Jurairi dari Abul Ala` dari Mutharrif 
dari Imran bin Hushain radliallahu 'anhuma, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bertanya kepada seseorang: "Apakah kamu berpuasa di hari-hari terakhir bulan (Sya'ban) ini?" laki-laki itu menjawab, "Tidak." Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jika kamu telah menunaikan(selesai) puasa Ramadlan, maka berpuasalah dua hari untuk menggantikannya."

١٩٨١ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ ابْنِ أَخِي مُطَرِّفِ بْنِ الشِّخِّيرِ قَالَ سَمِعْتُ مُطَرِّفًا يُحَدِّثُ عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِرَجُلٍ هَلْ صُمْتَ مِنْ سُرَرِ هَذَا الشَّهْرِ شَيْئًا يَعْنِي شَعْبَانَ قَالَ لَا قَالَ فَقَالَ لَهُ إِذَا أَفْطَرْتَ رَمَضَانَ فَصُمْ يَوْمًا أَوْ يَوْمَيْنِ شُعْبَةُ الَّذِي شَكَّ فِيهِ قَالَ وَأَظُنُّهُ قَالَ يَوْمَيْنِ و حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ قُدَامَةَ وَيَحْيَى اللُّؤْلُؤِيُّ قَالَا أَخْبَرَنَا النَّضْرُ أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ هَانِئِ ابْنِ أَخِي مُطَرِّفٍ فِي هَذَا الْإِسْنَادِ بِمِثْلِهِ

1981. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja'far telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari keponakan Mutharrif bin Asy Syikhkhir ia berkata, saya mendengar Mutharrif menceritakan 
dari Imran bin Husain radliallahu 'anhuma, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bertanya kepada orang: "Apakah kamu telah berpuasa di akhir bulan ini (Sya'ban)?" laki-laki itu menjawab, "Tidak." Maka beliau pun bersabda kepadanya: "Jika kamu telah usai menunaikan puasa Ramadlan, maka berpuasalah sehari -atau- dua hari." Yang ragu adalah Syu'bah, ia berkata; Dan menduga bahwa beliau mengatakan: "Dua hari." Dan telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Qudamah dan Yahya Al Lului keduanya berkata, telah mengabarkan kepada kami An Nadlr telah mengabarkan kepada kami Syu'bah telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Hani` bin Akhu Mutharrif dalam isnad ini, dengan hadits yang semisalnya.

١٤ -  الصيام » ٥٦٦ -  فضل صوم المحرم
14. Puasa » 566. Puasa muharram
باب فَضْلِ صَوْمِ الْمُحَرَّمِ: 
Bab kelebihan puasa muharam.

١٩٨٢ - حَدَّثَنِي قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ أَبِي بِشْرٍ عَنْ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْحِمْيَرِيِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ
1982. Telah menceritakan kepadaku Qutaibah bin Sa'id telah menceritakan kepada kami Abu Awanah dari Abu Bisyr dari Humaid bin Abdurrahman Al Himyari 
dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Seutama-utama puasa setelah Ramadlan ialah puasa di bulan Muharram, dan seutama-utama shalat sesudah shalat Fardlu, ialah shalat malam."

Hadits 1982
dari Humaid bin Abdurrahman Al Himyari 
dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Seutama-utama puasa setelah Ramadlan ialah puasa di bulan Muharram, dan seutama-utama shalat sesudah shalat Fardlu, ialah shalat malam."
-faedah sebut sanad.
-Humaid anak murid abu Hurairah.
-Humaid ini ada 2 orang.Namanya dan nama ayahnya sama.
-satu al himyaari,perawi hadits ini.
- yang kedua lagi, Humaid bin Abdurrahman bin Auf Azzuhri
-jika jumpa yang lain semua yang ke2 ini.
-Hadits al himyari juga tiada dalam Bukhari.
Minit 38
-sanad2 ini penting.
-bila ada sanad bolehlah di nilai sesuatu hadits 
-jika dia ambil dari perawi yang tak baik ada sebab2 nya tersendiri.
-inilah penting pengajian hadits yang mementingkan sanad dan riwayat.
-mana ada hadits yang menunjukan pentingkan atau afdalnya puasa Syaaban.
- inilah dalil lebihnya solat malam.
-witir untuk Abu Hurairah yang seorang pelajar  mungkin tidur lewat sebab belajar ,solat witir sebelum tidur.
-witir untuk Abu Bakar dan Umar selepas bangun dari  tidur.


١٩٨٣ - و حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ عُمَيْرٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْتَشِرِ عَنْ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَرْفَعُهُ قَالَ سُئِلَ أَيُّ الصَّلَاةِ أَفْضَلُ بَعْدَ الْمَكْتُوبَةِ وَأَيُّ الصِّيَامِ أَفْضَلُ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ فَقَالَ أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الصَّلَاةِ الْمَكْتُوبَةِ الصَّلَاةُ فِي جَوْفِ اللَّيْلِ وَأَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ صِيَامُ شَهْرِ اللَّهِ الْمُحَرَّمِ و حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا حُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ عَنْ زَائِدَةَ عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ عُمَيْرٍ بِهَذَا الْإِسْنَادِ فِي ذِكْرِ الصِّيَامِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمِثْلِهِ
1983. Dan telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami Jarir dari Abdul Malik bin Umair dari Muhammad bin Al Muntasyir dari Humaid bin Abdurrahman 
dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu -dan ia saya mendengar-marfu(mengangkat)'-kannya bahwa; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah ditanya, "Shalat apakah yang paling utama setelah shalat Maktubah (wajib)? Dan puasa apakah yang paling utama setelah puasa Ramadlan?" maka beliau menjawab: "Seutama-utama shalat setelah shalat Maktubah (wajib) adalah shalat pada sepertiga akhir malam, dan seutama-utama puasa setelah puasa Ramadlan adalah puasa di bulan Muharram." Dan Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Husain bin Ali dari Za`idah dari Abdul Malik bin Umair dengan isnad ini, terkait dengan penyebutan puasa dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. yakni dengan hadits yang semisalnya.

Hadits 1983
Seutama-utama shalat setelah shalat Maktubah (wajib) adalah shalat pada sepertiga akhir malam, dan seutama-utama puasa setelah puasa Ramadlan adalah puasa di bulan Muharram."
-kena lihat ini riwayat siapa?
-ada hadits dhaif jiddan  dan  riwayat mursal hasan basri sangat lemah...rejab bulan Allah
-disini riwayat kata muharam 
-dhaif dan sahih tidak boleh sama.
-kemudian,kenapa  nabi saw banyak puasa bulan Syaaban bulan muharam? Nabi saw ada hal seperti yang kita dah maklum.


١٤ -  الصيام » ٥٦٧ -  استحباب صوم ستة أيام من شوال إتباعا لرمضان
14. Puasa » 567. Sunahnya puasa enam hari di bulan syawwal

باب اسْتِحْبَابِ صَوْمِ سِتَّةِ أَيَّامٍ مِنْ شَوَّالٍ اتِّبَاعًا لِرَمَضَانَ: 
Bab eluknya puasa 6 hari dari bulan Syawal sebagai penyusulan puasa  bulan Ramadan.

١٩٨٤ - حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ وَعَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ جَمِيعًا عَنْ إِسْمَعِيلَ قَالَ ابْنُ أَيُّوبَ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ أَخْبَرَنِي سَعْدُ بْنُ سَعِيدِ بْنِ قَيْسٍ عَنْ عُمَرَ بْنِ ثَابِتِ بْنِ الْحَارِثِ الْخَزْرَجِيِّ عَنْ أَبِي أَيُّوبَ الْأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّهُ حَدَّثَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ و حَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا سَعْدُ بْنُ سَعِيدٍ أَخُو يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ ثَابِتٍ أَخْبَرَنَا أَبُو أَيُّوبَ الْأَنْصَارِيُّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ بِمِثْلِهِ و حَدَّثَنَاه أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُبَارَكِ عَنْ سَعْدِ بْنِ سَعِيدٍ قَالَ سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ ثَابِتٍ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا أَيُّوبَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقُولُا قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمِثْلِهِ

1984. Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Ayyub dan Qutaibah bin Sa'id dan Ali bin Hujr semuanya dari Isma'il - Ibnu Ayyub berkata- Telah menceritakan kepada kami Isma'il bin Ja'far telah mengabarkan kepadaku Sa'd bin Sa'id bin Qais dari Umar bin Tsabit bin Harits Al Khazraji dari Abu Ayyub Al Anshari radliallahu 'anhu, bahwa ia telah menceritakan kepadanya bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
 "Siapa yang berpuasa Ramadlan kemudian diiringinya dengan puasa enam hari di bulan Syawwal, maka yang demikian itu seolah-olah berpuasa sepanjang masa."
 Dan Telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair telah menceritakan kepada kami bapakku telah menceritakan kepada kami Sa'd Sa'id saudaranya Yahya bin Sa'id, telah mengabarkan kepada kami Umar bin Tsabit telah mengabarkan kepada kami Ayyub Al Anshari radliallahu 'anhu, ia berkata; Saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda. Yakni dengan hadits semisalnya. Dan Telah menceritakannya kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Mubarak dari Sa'd bin Sa'id ia berkata, saya mendengar Umar bin Tsabit ia berkata, saya mendengar Abu Ayyub radliallahu 'anhu. Berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: yakni dengan hadits yang serupa.

Minit 8
Hadits 1984
Siapa yang berpuasa Ramadlan kemudian diiringinya dengan puasa enam hari di bulan Syawwal, maka yang demikian itu seolah-olah berpuasa sepanjang masa."

-ini nabi saw nak ajar kepada sangat minat kepada puasa.
-ini adalah pilihan2 untuk mereka .
-puasa 3hari setiap bulan juga puasa sepanjang tahun.
-musyabahbih...bekeng seperti rimau
-tentunya rimau itulah yang paling bekeng.
-tetapi bukan bererti puasa sepanjang tahun lebih baik dari pilihan2 yang nabi saw berikan. Ini kemudahan yang nabi saw berikan. Ambillah.
-dan bukan hanya puasa tugas2 orang Islam itu berpuasa sahaja.
-Imam Malik kata makruh  puasa 6 
-sebab bimbang ada yang seolah2 mewajibkannya.
-jangan mewajibkan apa yang tidak wajib.
-erti susulkan bukan mesti segera atau berturut2
-tiada raya untuk puasa 6


Tiada ulasan:

Catat Ulasan