Khamis, Mei 13, 2021

Sunan Abu daud kitab solat sesi 153s

Sunan Abu daud kitab solat sesi 153s

٢ -  الصلاة » ٤٧٣ -  السجود في إذا السماء انشقت و اقرأ
2. Shalat  » 473. Sujud pada "Idzas samaa`un syaqqat"dan iqra

١١٩٨ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ أَيُّوبَ بْنِ مُوسَى عَنْ عَطَاءِ بْنِ مِينَاءَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ سَجَدْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ وَاقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ قَالَ أَبُو دَاوُد أَسْلَمَ أَبُو هُرَيْرَةَ سَنَةَ سِتٍّ عَامَ خَيْبَرَ وَهَذَا السُّجُودُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ آخِرُ فِعْلِهِ

1198. Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Ayyub bin Musa dari 'Atha` bin Mina` 
dari Abu Hurairah dia berkata; "Kami pernah bersujud (tilawah) bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pada surat "idzaas samaa'un syaqqat"(84) dan "iqra`(96) bismirabbikal ladzii khalaq" Abu Daud berkata; "Abu Hurairah masuk Islam pada tahun ke enam (hijriyah) yaitu ketika hari penaklukan Khaibar, sedangkan sujud ini adalah yang terakhir kali di kerjakan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam."

-ini riwayat yang kemas tentang sujud.


١١٩٩ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا الْمُعْتَمِرُ قَالَ سَمِعْتُ أَبِي حَدَّثَنَا بَكْرٌ عَنْ أَبِي رَافِعٍ قَالَ صَلَّيْتُ مَعَ أَبِي هُرَيْرَةَ الْعَتَمَةَ فَقَرَأَ إِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ فَسَجَدَ فَقُلْتُ مَا هَذِهِ السَّجْدَةُ قَالَ سَجَدْتُ بِهَا خَلْفَ أَبِي الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَا أَزَالُ أَسْجُدُ بِهَا حَتَّى أَلْقَاهُ

1199. Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Al Mu'tamir dia berkata; saya mendengar ayahku, telah menceritakan kepada kami Bakr dari Abu Rafi' dia berkata; "Aku pernah shalat Isya' bersama Abu Hurairah, lalu dia membaca; "Idzas samaa'un syaqqat"(84) kemudian dia sujud." Aku pun bertanya; "Sujud apakah ini?" dia menjawab; "Aku juga pernah sujud seperti ini di belakang Abu Qasim shallallahu 'alaihi wasallam, dan aku akan senantiasa sujud pada bacaan ini sehingga aku bertemu dengan-Nya (meninggal dunia)."

-kunyah Nabi saw  ialah Abi Qasim.
-sesama mati boleh jumpa nanti.jadi jumpa bila mati juga.
Minit 17

- imam malik tak suka baca sujud sajadah sebab nanti makmun ramai berselerak sebab keliru.
-dalam solat jumaat atau solat hari raya.
- kalu tak keliru tak mengapa.
-terutama nya jangan sengaja  tuju.
-ramai juga yang kata tak makruh.
-yang tak boleh jika mengelirukan makmun.

٢ -  الصلاة » ٤٧٤ -  السجود في ص
2. Shalat  » 474. Sujud pada surat "Shaad"(38)

١٢٠٠ - حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ لَيْسَ ص مِنْ عَزَائِمِ السُّجُودِ وَقَدْ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْجُدُ فِيهَا
1200. Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma'il telah menceritakan kepada kami Wuhaib telah menceritakan kepada kami Ayyub dari Ikrimah 
dari Ibnu Abbas dia berkata; Surat Shaad sebenarnya bukan termasuk surat yang di haruskan (bukan wajib atau muakaq) untuk sujud, akan tetapi aku pernah melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sujud pada surat tersebut."

-ada sujud syukur bukan sujud tilawah.
-yang kata ada tu ialah sujud tilawah.
-jika tiada kena mengena kenapa nabi saw sujud.
-sujud tilawah tetapi bukan aza imi sujud.
-ulamak berselisih pendapat tentang aza imi sujud
1 surah israk
3 surah dalam mufasaol
-ini maukuf


١٢٠١ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ صَالِحٍ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي عَمْرٌو يَعْنِي ابْنَ الْحَارِثِ عَنْ ابْنِ أَبِي هِلَالٍ عَنْ عِيَاضِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَعْدِ بْنِ أَبِي سَرْحٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ أَنَّهُ قَالَ قَرَأَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ عَلَى الْمِنْبَرِ ص فَلَمَّا بَلَغَ السَّجْدَةَ نَزَلَ فَسَجَدَ وَسَجَدَ النَّاسُ مَعَهُ فَلَمَّا كَانَ يَوْمٌ آخَرُ قَرَأَهَا فَلَمَّا بَلَغَ السَّجْدَةَ تَشَزَّنَ النَّاسُ لِلسُّجُودِ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّمَا هِيَ تَوْبَةُ نَبِيٍّ وَلَكِنِّي رَأَيْتُكُمْ تَشَزَّنْتُمْ لِلسُّجُودِ فَنَزَلَ فَسَجَدَ وَسَجَدُوا
1201. Telah menceritakan kepada Kami Ahmad bin Shalih telah menceritakan kepada Kami Ibnu Wahb, telah mengkhabarkan kepadaku 'Amr yaitu Ibnu Al Harits dari Ibnu Abu Hilal dari 'Iyadh bin Abdullah bin Sa'd bin Abu Sarh dari Abu Sa'id Al Khudri bahwa ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam di atas mimbar membaca Surat Shaad(38). Kemudian tatkala beliau telah sampai pada ayat as sajdah beliau turun kemudian sujud, dan orang-orang pun bersujud bersamanya. Kemudian tatkala pada hari yang lainnya beliau membacanya, lalu tatkala telah sampai pada ayat as sajdah orang-orang bersiap-siap untuk bersujud. Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya ayat tersebut adalah taubat seorang nabi, akan tetapi aku melihat kalian telah bersiap-siap untuk bersujud, lalu beliau bersujud dan mereka pun bersujud."
-sujud dengan mengadap kiblat.
-hari yang lain surah yang sama, nabi bg tau taubat seorang nabi iaitu sujud syukur bukan mesti...ini menunjukan sujud tilawah bukan wajib.
-atau bukan mesti segera,jika tiada wuduk boleh pergi ambil wuduk dulu.


٢ -  الصلاة » ٤٧٥ -  في الرجل يسمع السجدة وهو راكب وفي غير الصلاة
2. Shalat  » 475. Mendengar (orang lain) ayat sajdah saat di atas kendaraan dan tidak dalam keadaan shalat .
-kemungkinan yang mendengar duduk atas kenderaan atau kedua2 duduk atas kenderaan.
-ini eluk sujud walau jika atas kenderaan sekalipun sujud atas tangan.

١٢٠٢ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُثْمَانَ الدِّمَشْقِيُّ أَبُو الْجَمَاهِرِ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ يَعْنِي ابْنَ مُحَمَّدٍ عَنْ مُصْعَبِ بْنِ ثَابِتِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَرَأَ عَامَ الْفَتْحِ سَجْدَةً فَسَجَدَ النَّاسُ كُلُّهُمْ مِنْهُمْ الرَّاكِبُ وَالسَّاجِدُ فِي الْأَرْضِ حَتَّى إِنَّ الرَّاكِبَ لَيَسْجُدُ عَلَى يَدِهِ
1202. Telah menceritakan kepada Kami Muhammad bin Utsman Ad Dimasyqi Abu Al Jamahir, telah menceritakan kepada Kami Abdul Aziz yaitu Ibnu Muhammad dari Mush'ab bin Tsabit bin Abdullah bin Az Zubair dari Nafi' dari Ibnu Umar bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pada saat penaklukan Mekkah membaca ayat Sajdah, kemudian seluruh manusia bersujud, diantara mereka ada yang berkendaraan dan ada yang bersujud di tanah hingga orang yang berkendaraan bersujud di atas tangannya.
-ini adab kita dengan alquran.
-jika tiada ruang langsung  untuk sujud ,hanya  atas kaki atau lutut sahaja pun boleh sujud.
-ada juga kata jika tak boleh pakai isyarat setakat yang boleh pun boleh.
-jika atas kenderaan yang berbahaya maka tak boleh.
-atas kenderaan boleh solat sunat dan sujud tilawah.
-dengar kaset ada ayat sujud ,kena sujud? Eluk sujud sebab dengar.

١٢٠٣ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ ح و حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي شُعَيْبٍ الْحَرَّانِيُّ حَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ الْمَعْنَى عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ عَلَيْنَا السُّورَةَ قَالَ ابْنُ نُمَيْرٍ فِي غَيْرِ الصَّلَاةِ ثُمَّ اتَّفَقَا فَيَسْجُدُ وَنَسْجُدُ مَعَهُ حَتَّى لَا يَجِدَ أَحَدُنَا مَكَانًا لِمَوْضِعِ جَبْهَتِهِ
1203. Telah menceritakan kepada Kami Ahmad bin Hanbal, telah menceritakan kepada Kami Yahya bin Sa'id, dan diriwayatkan dari jalur yang lain: Telah menceritakan kepada Kami Ahmad bin Abu Syu'aib Al Harrani telah menceritakan kepada Kami Ibnu Numair secara makna dari 'Ubaidullah dari Nafi' 
dari Ibnu Umar ia berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam membacakan kepada Kami sebuah surat. Ibnu Numair berkata; tidak ketika melakukan shalat. Kemudian keduanya sama lafazh mereka yaitu, "Kemudian beliau bersujud dan Kamipun bersujud bersamanya hingga salah seorangpun diantara Kami yang tidak mendapatkan tempat untuk meletakkan keningnya.

-patuhnya para sahabat kepada Nabi saw.


١٢٠٤ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْفُرَاتِ أَبُو مَسْعُودٍ الرَّازِيُّ أَخْبَرَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ عَلَيْنَا الْقُرْآنَ فَإِذَا مَرَّ بِالسَّجْدَةِ كَبَّرَ وَسَجَدَ وَسَجَدْنَا مَعَهُ قَالَ عَبْدُ الرَّزَّاقِ وَكَانَ الثَّوْرِيُّ يُعْجِبُهُ هَذَا الْحَدِيثُ قَالَ أَبُو دَاوُد يُعْجِبُهُ لِأَنَّهُ كَبَّرَ
1204. Telah menceritakan kepada Kami Ahmad bin Al Furat Abu Mas'ud Ar Razi telah mengabarkan kepada Kami Abdurrazzaq, telah mengabarkan kepada Kami Abdullah bin Umar dari Nafi' 
dari Ibnu Umar, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam membacakan Al Qur'an kepada Kami, dan apabila melewati ayat sajdah beliau bertakbir dan bersujud dan Kami bersujud bersamanya. Abdurrazzaq berkata; Ats Tsauri kagum dengan hadits ini. Abu Daud berkata; ia kagum kepada hadits tersebut karena disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bertakbir.
-hadits ni sebut takbir dan sujud.
-Abdullah bin Umar al umari perawi tak kuat..ada khilaf takbir.
-imam syafie pakai yang  takbir ratul ihram dan takbir sujud.
- jika tiada takbir ratul ihram pun boleh takbir terus sujud.
-sudah sujud bangun sambung semula kira rakaat pertama lagi.
-bagi imam syafie kena ada takbiratul ihram dulu. Dan kena bagi salam 
-kena ada wuduk.
-hanafi kata tak perlu takbir ratul ihram.tak perlu bagi salam. 


٢ -  الصلاة » ٤٧٦ -  ما يقول إذا سجد
2. Shalat  » 476. Apa yang dibaca (diucapkan)saat sujud tilawah
١٢٠٥ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ حَدَّثَنَا خَالِدٌ الْحَذَّاءُ عَنْ رَجُلٍ عَنْ أَبِي الْعَالِيَةِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ فِي سُجُودِ الْقُرْآنِ بِاللَّيْلِ يَقُولُ فِي السَّجْدَةِ مِرَارًا سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ

1205. Telah menceritakan kepada Kami Musaddad telah menceritakan kepada Kami Isma'il, telah menceritakan kepada Kami Khalid Al Hadzdza` dari seorang laki-laki dari Abu Al 'Aliyah dari Aisyah radliallahu 'anha ia berkata; " Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ketika melakukan sujud Al Qur'an (sajdah) pada malam hari beliau mengucapkan beberapa kali: " SAJADA WAJHIYA LILLADZII KHALAQAHU WA SYAQQA SAM'AHU WA BASHARAHU BIHAULIHI WA QUWWATIHI" (Wajahku bersujud kepada Dzat yang telah menciptakannya dan telah membuka pendengaran serta penglihatannya dengan daya dan kekuatanNya). 
-bacaan سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ 
(Wajahku bersujud kepada Dzat yang telah menciptakannya dan telah membuka pendengaran serta penglihatannya dengan daya dan kekuatanNya).
hanya sekali
-nampak nabi saw buat beberapa kali.
-jelas ada  nabi saw maka buat macam nabi buat  atau ikut yang nabi buat


٢ -  الصلاة » ٤٧٧ -  فيمن يقرأ السجدة بعد الصبح
2. Shalat  » 477. Membaca (ayat) sajdah setelah subuh

-kan solat sunat selepas subuh tidak boleh.bagaimana dengan sujud tilawah?
-ada yang kata boleh dan ada yang kata tak boleh.
-ini dalilnya.


١٢٠٦ - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الصَّبَّاحِ الْعَطَّارُ حَدَّثَنَا أَبُو بَحْرٍ حَدَّثَنَا ثَابِتُ بْنُ عُمَارَةَ حَدَّثَنَا أَبُو تَمِيمَةَ الْهُجَيْمِيُّ قَالَ لَمَّا بَعَثْنَا الرَّكْبَ قَالَ أَبُو دَاوُد يَعْنِي إِلَى الْمَدِينَةِ قَالَ كُنْتُ أَقُصُّ بَعْدَ صَلَاةِ الصُّبْحِ فَأَسْجُدُ فَنَهَانِي ابْنُ عُمَرَ فَلَمْ أَنْتَهِ ثَلَاثَ مِرَارٍ ثُمَّ 
 فَقَالَ إِنِّي صَلَّيْتُ خَلْفَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَعَ أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ فَلَمْ يَسْجُدُوا حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ

1206. Telah menceritakan kepada Kami Abdullah bin Ash Shabah Al 'Aththar, telah menceritakan kepada Kami Abu Bahr, telah menceritakan kepada Kami Tsabit bin 'Umarah, telah menceritakan kepada Kami 
Abu Tamimah Al Hujaimi, ia berkata; tatkala Kami mengutus seorang penunggang kuda... Abu Daud berkata; yaitu ia menuju ke Madinah ia berkata; saya membaca (ayat As Sajdah) setelah sholat Subuh, kemudian aku bersujud, lalu Ibnu Umar melarangku dan aku tidak berhenti hingga tiga kali. Kemudian ia kembali dan berkata; sesungguhnya aku pernah melakukan shalat di belakang Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersama Abu Bakr, Umar dan Utsman radliallahu 'anhum dan mereka tidak bersujud hingga matahari terbit. 

-ini peribadi sahabat jika tak kena akan ditegur.
-nabi saw suka baca quran tapi  masa selepas subuh tidak sujud.
- kenapa sebut 3 ini.
1.3 orang ini sepakat diterima orang Islam, tidak bergaduh sesama sendiri.
Zaman Ali sudah ada tuduhan terhadap Ali.
Khilafah  khosoh mutasimah lebih tinggi;Abu Bakar,Umar dan Usman 
1.teratur
2.tidak teratur molek pemerintahannya(zaman Ali)
Khilafah Arrasyidah
Muawiyah
-bekas sehingga zaman saidina usman.
-cincin pun jatuh dizaman saidina usman.
-Muawatok dan Mudawana.
-Abu Bahr perawi dhaif.









Tiada ulasan:

Catat Ulasan