Jumaat, Mei 14, 2021

Sunan Abu daud kitab solat sesi 155s

Sunan Abu daud kitab solat sesi 155s

Abu Daud 9 bab
2. Shalat  » 478. Disunahkan shalat witir.
2. Shalat  » 479. Bagi yang tidak melaksanakan shalat witir.
2. Shalat  » 480. Berapa rakaat shalat witir
2. Shalat  » 481. Apa yang dibaca dalam shalat witir
2. Shalat  » 482. Qunut dalam shalat witir.
2. Shalat  » 483. Doa setelah shalat witir.
2. Shalat  » 484. Shalat witir sebelum tidur.
2. Shalat  » 485. Waktu shalat witir
2. Shalat  » 486. Batal dari melaksanakan shalat witir

٢ -  الصلاة » ٤٨٠ -  كم الوتر
2. Shalat  » 480. Berapa rakaat shalat witir

١٢١١ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ أَخْبَرَنَا هَمَّامٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ شَقِيقٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَجُلًا مِنْ أَهْلِ الْبَادِيَةِ سَأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ صَلَاةِ اللَّيْلِ فَقَالَ بِأُصْبُعَيْهِ هَكَذَا مَثْنَى مَثْنَى وَالْوِتْرُ رَكْعَةٌ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ

1211. Telah menceritakan kepada Kamin Muhammad bin Katsir telah mengabarkan kepada Kami Hammam dari Qatadah dari Abdullah bin Syaqiq dari 
Ibnu Umar bahwa seorang laki-laki badui (penduduk bukan bandar)bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengenai shalat malam. Kemudian beliau mengatakan menggunakan(mengisyaratkan) jari-jarinya: "Dua, dua, dan witir satu reka'at pada akhir malam(hujung malam)"

١٢١٢ - حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ الْمُبَارَكِ حَدَّثَنِي قُرَيْشُ بْنُ حَيَّانَ الْعِجْلِيُّ حَدَّثَنَا بَكْرُ بْنُ وَائِلٍ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَزِيدَ اللَّيْثِيِّ عَنْ أَبِي أَيُّوبَ الْأَنْصَارِيِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْوِتْرُ حَقٌّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُوتِرَ بِخَمْسٍ فَلْيَفْعَلْ وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُوتِرَ بِثَلَاثٍ فَلْيَفْعَلْ وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُوتِرَ بِوَاحِدَةٍ فَلْيَفْعَلْ

1212. Telah menceritakan kepada Kami Abdurrahman bin Al Mubarak, telah menceritakan kepadaku Quraisy bin Hayyan Al 'Ijli telah menceritakan kepada Kami Bakr bin Wail dari Az Zuhri dari 'Atha` bin Yazid Al Laitsi dari 
Abu Ayyub Al Anshari ia berkata; rasul shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Witir adalah sebuah hak (kewajipan/tanggungjawab)atas setiap muslim, barang siapa yang hendak melakukan witir lima raka'at maka hendaknya ia melakukankannya dan barang siapa yang hendak melakukan witir tiga raka'at maka hendaknya ia melakukannya, dan barang siapa yang hendak melakukan witir satu raka'at maka hendaknya ia melakukannya."


٢ -  الصلاة » ٤٨١ -  ما يقرأ في الوتر
2. Shalat  » 481. Apa yang dibaca dalam shalat witir.
١٢١٣ - حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا أَبُو حَفْصٍ الْأَبَّارُ ح و حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُوسَى أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَنَسٍ وَهَذَا لَفْظُهُ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ طَلْحَةَ وَزُبَيْدٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبْزَى عَنْ أَبِيهِ عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُوتِرُ بِسَبِّحْ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى وَقُلْ لِلَّذِينَ كَفَرُوا وَاللَّهُ الْوَاحِدُ الصَّمَدُ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي شُعَيْبٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ حَدَّثَنَا خُصَيْفٌ عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ جُرَيْجٍ قَالَ سَأَلْتُ عَائِشَةَ أُمَّ الْمُؤْمِنِينَ بِأَيِّ شَيْءٍ كَانَ يُوتِرُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرَ مَعْنَاهُ قَالَ وَفِي الثَّالِثَةِ بِقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ وَالْمُعَوِّذَتَيْنِ
1213. Telah menceritakan kepada Kami Utsman bin Abu Syaibah, telah menceritakan kepada Kami Abu Hafsh Al Abbar, dan diriwayatkan dari jalur yang lain: Telah menceritakan kepada Kami Ibrahim bin Musa telah mengabarkan kepada Kami Muhammad bin Anas dan ini adalah lafazhnya, dari Al A'masy dari Thalhah dan Zubaid dari Sa'id? bin Abdurrahman bin Abza dari ayahnya dari 
Ubai bin Ka'bin ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melakukan witir dengan membaca "Sabbihisma rabbikal a'laa" (Surat Al A'la) (87)dan "Qul lilladzina kafaruu" (Surat Al Kaafiruun)(109) serta "WAllahul wahidush shamad" (Surat Al Ikhlash). 
Telah berkata kepada Kami Ahmad bin Abu Syu'aib, telah menceritakan kepada Kami Muhammad bin Salamah, telah menceritakan kepada Kami Khushaif dari Abdul Aziz bin Juraij berkata; aku bertanya kepada Aisyah ummul mukminin radhiyAllahu; surat apakah yang dibaca Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ketika melakukan witir? Kemudian ia menyebutkan maknanya; dan pada raka'at yang ketiga beliau membaca "Qul Huwallaahu Ahad" (112)dan "Mu'awwidzatain" (Surat Al Falaq dan An Naas). 


٢ -  الصلاة » ٤٨٢ -  القنوت في الوتر
2. Shalat  » 482. Qunut dalam shalat witir
١٢١٤ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ وَأَحْمَدُ بْنُ جَوَّاسٍ الْحَنَفِيُّ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُو الْأَحْوَصِ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ بُرَيْدِ بْنِ أَبِي مَرْيَمَ عَنْ أَبِي الْحَوْرَاءِ قَالَ قَالَ الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا عَلَّمَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَلِمَاتٍ أَقُولُهُنَّ فِي الْوِتْرِ قَالَ ابْنُ جَوَّاسٍ فِي قُنُوتِ الْوِتْرِ 
اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِي فِيمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَ وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ إِنَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ وَإِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلَا يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ 
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدٍ النُّفَيْلِيُّ حَدَّثَنَا زُهَيْرٌ حَدَّثَنَا أَبُو إِسْحَقَ بِإِسْنَادِهِ وَمَعْنَاهُ قَالَ فِي آخِرِهِ قَالَ هَذَا يَقُولُ فِي الْوِتْرِ فِي الْقُنُوتِ وَلَمْ يَذْكُرْ أَقُولُهُنَّ فِي الْوِتْرِ أَبُو الْحَوْرَاءِ رَبِيعَةُ بْنُ شَيْبَانَ
1214. Telah menceritakan kepada Kami Qutaibah bin Sa'id dan Ahmad bin Jawwas Al Hanafi mereka berkata; telah menceritakan kepada Kami Abu Al Ahwash dari Abu Ishaq dari Buraid bin Abu Maryam dari Abu Al Haura`, ia berkata; telah berkata Al Hasan bin Ali radliallahu 'anhuma; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah mengajarkan kepada beberapa kalimat yang aku ucapkan ketika melakukan witir.. Ibnu Jawwas berkata; ketika melakukan qunut witir yaitu; ALLAAHUMMAH DINII FIIMAN HADAIT, WA 'AAFINII FIIMAN TAWALLAIT, WA BAARIK LII FIIMAA A'THAIT, WA QINII SYARRA MAA QADHAIT, INNAKA TAQDHII WA LAA YUQDHAA 'ALAIK, WA INNAHU LAA YADZILLU MAN WAALAIT, WA LAA YA'IZZU MAN 'AADAIT, TABAARAKTA RABBANAA WA TA'AALAIT (Ya Allah, berilah aku petunjuk diantara orang-orang yang Engkau beri petunjuk, dan berilah aku keselamatan(sejahterakan) diantara orang-orang yang telah Engkau beri keselamatan, uruslah(jagalah/peliharalah) diriku diantara orang-orang yang telah Engkau urus(jaga), berkahilah untukku apa yang telah Engkau berikan kepadaku, lindungilah aku dari(qadak yang buruk) keburukan apa yang telah Engkau(berkuasa) putuskan, sesungguhnya Engkau Yang(berkuasa) memutuskan dan tidak diputuskan kepadaku,(dan tiada sesiapa yang mengatasi Engkau) sesungguhnya tidak akan hina orang yang telah Engkau jaga ( kasihi)dan Engkau tolong, dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Engkau Maha Suci(maha berkat) dan Maha Tinggi). 
Telah menceritakan kepada Kami Abdullah bin Muhammad An Nufaili, telah menceritakan kepada Kami Zuhair, telah menceritakan kepada Kami Abu Ishaq dengan sanad serta maknannya, ia berkata pada akhir hadits tersebut; Abu Al Haura` Rabi'ah bin Syaiban mengatakan hal ini yaitu; beliau mengucapkan ketika melakukan qunud dalam witir: "….." dan ia tidak menyebutkan; aku mengucapkannya dalam witir. 

١٢١٥ - حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ هِشَامِ بْنِ عَمْرٍو الْفَزَارِيِّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْحَارِثِ بْنِ هِشَامٍ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ فِي آخِرِ وِتْرِهِ 
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سُخْطِكَ وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ 
قَالَ أَبُو دَاوُد هِشَامٌ أَقْدَمُ شَيْخٍ لِحَمَّادٍ وَبَلَغَنِي عَنْ يَحْيَى بْنِ مَعِينٍ أَنَّهُ قَالَ لَمْ يَرْوِ عَنْهُ غَيْرُ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَى عِيسَى بْنُ يُونُسَ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي عَرُوبَةَ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبْزَى عَنْ أَبِيهِ عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَنَتَ يَعْنِي فِي الْوِتْرِ قَبْلَ الرُّكُوعِ قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَى عِيسَى بْنُ يُونُسَ هَذَا الْحَدِيثَ أَيْضًا عَنْ فِطْرِ بْنِ خَلِيفَةَ عَنْ زُبَيْدٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبْزَى عَنْ أَبِيهِ عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِثْلَهُ وَرُوِيَ عَنْ حَفْصِ بْنِ غِيَاثٍ عَنْ مِسْعَرٍ عَنْ زُبَيْدٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبْزَى عَنْ أَبِيهِ عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَنَتَ فِي الْوِتْرِ قَبْلَ الرُّكُوعِ قَالَ أَبُو دَاوُد وَحَدِيثُ سَعِيدٍ عَنْ قَتَادَةَ رَوَاهُ يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ عَنْ سَعِيدٍ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ عَزْرَةَ عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبْزَى عَنْ أَبِيهِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يَذْكُرْ الْقُنُوتَ وَلَا ذَكَرَ أُبَيًّا وَكَذَلِكَ رَوَاهُ عَبْدُ الْأَعْلَى وَمُحَمَّدُ بْنُ بِشْرٍ الْعَبْدِيُّ وَسَمَاعُهُ بِالْكُوفَةِ مَعَ عِيسَى بْنِ يُونُسَ وَلَمْ يَذْكُرُوا الْقُنُوتَ وَقَدْ رَوَاهُ أَيْضًا هِشَامٌ الدَّسْتُوَائِيُّ وَشُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ وَلَمْ يَذْكُرَا الْقُنُوتَ وَحَدِيثُ زُبَيْدٍ رَوَاهُ سُلَيْمَانُ الْأَعْمَشُ وَشُعْبَةُ وَعَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ أَبِي سُلَيْمَانَ وَجَرِيرُ بْنُ حَازِمٍ كُلُّهُمْ عَنْ زُبَيْدٍ لَمْ يَذْكُرْ أَحَدٌ مِنْهُمْ الْقُنُوتَ إِلَّا مَا رُوِيَ عَنْ حَفْصِ بْنِ غِيَاثٍ عَنْ مِسْعَرٍ عَنْ زُبَيْدٍ فَإِنَّهُ قَالَ فِي حَدِيثِهِ إِنَّهُ قَنَتَ قَبْلَ الرُّكُوعِ قَالَ أَبُو دَاوُد وَلَيْسَ هُوَ بِالْمَشْهُورِ مِنْ حَدِيثِ حَفْصٍ نَخَافُ أَنْ يَكُونَ عَنْ حَفْصٍ عَنْ غَيْرِ مِسْعَرٍ قَالَ أَبُو دَاوُد وَيُرْوَى أَنَّ أُبَيًّا كَانَ يَقْنُتُ فِي النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ

1215. Telah menceritakan kepada Kami Musa bin Isma'il, telah menceritakan kepada Kami Hammad dari Hisyam bin 'Amr Al Fazari dari Abdurrahman bin Al Harits bin Hisyam dari Ali bin Abu Thalib radliallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam di akhir shalat witirnya membaca: "ALLAAHUMMA INNII A'UUDZU BIRIDHAAKA MIN SAKHATHIKA WA BIMU'AAFAATIK, MIN 'UQUUBATIK, WA A'UUDZU BIKA MINKA LAA UHSHII TSANAA-AN 'ALAIK, ANTA KAMAA ATSNAITA 'ALAA NAFSIK." 
(Ya Allah, aku berlindung dengan keridhaanMU dari (pada) murkaMu dan kepada ampunanMu(keselamatan) dari adzabMu(siksaanmu), dan aku berlindung kepadaMu  ( dari azabmu) dariMu, aku tidak dapat menghitung pujian kepadaMu, Engkau sebagaimana yang telah Engkau puji diri-Mu). Abu Daud berkata; Hisyam adalah guru Hammad yang paling tua, dan telah sampai kepadaku dari Yahya bin Ma'in bahwa ia berkata; tidak ada yang meriwayatkan dari Hisyam selain Hammad bin Salamah.
Abu Daud berkata; Isa bin Yunus telah meriwayatkan dari Sa'id bin Abu Arubah dari Qatadah dari Sa'id bin Abdurrahman bin Abza dari bapaknya dari Ubai bin Ka'b bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melaksanakan qunut pada waktu witir sebelum ruku'. 
Abu Daud berkata; Isa bin Yunus meriwayatkan hadits ini juga dari Fithr bin Khalifah dari Zubaid dari Sa'id bin Abdurrahman bin Abza dari ayahnya dari Ubai bin Ka'b dari Nabi Shalla Allahu 'alaihi wa sallam seperti itu. 
Dan telah diriwayatkan dari Hafsh bin Ghiyats dari Mis'ar dari Zubaid dari Sa'id bin Abdurrahman bin Abza dari ayahnya dari Ubai bin Ka'b bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melakukan qunut pada waktu shalat witir sebelum ruku'.
Abu Daud berkata; dan hadits Sa'id dari Qatadah diriwayatkan oleh Yazid bin Zurai' dari Sa'id dari Qatadah dari Azrah dari Sa'id bin Abdurrahman bin Abza dari bapaknya dari Nabi Shalla Allahu 'alaihi wa sallam, ia tidak menyebutkan qunut dan tidak pula menyebutkan Ubai. 
Dan begitu juga diriwayatkan oleh Abdul A'la dan Muhammad bin Bisyr Al 'Abdi dan ia mendengarnya di Kufah bersama Isa bin Yunus dan mereka tidak menyebutkan qunut. Dan telah diriwayatkan pula oleh Hisyam Ad Dastuwa-i dan Syu'bah dari Qatadah dan mereka berdua tidak menyebutkan qunut. Hadits Zubaid diriwayatkan oleh Sulaiman Al A'masy, Syu'bah, Abdul Malik bin Abu Sulaiman dan Jarir bin Hazim, mereka semua meriwayatkan dari Zubaid dan tidak ada seorangpun dari mereka yang menyebutkan qunut kecuali hadits yang diriwayatkan dari Hafsh bin Ghiyats dari Mis'ar dari Zubaid, sesungguhnya ia menyebutkan dalam haditsnya bahwa beliau melakukan qunut sebelum ruku'. Abu Daud berkata; hal tersebut tidaklah yang dikenal (masyhur) dari hadits Hafsh, Kami (bimbang)hal tersebut berasal dari Hafsh dari selain Mis'ar. Abu Daud berkata; dan diriwayatkan bahwasanya Ubai bin Kaab melaksanakan witir pada pertengahan(akhir) bulan Ramadhan. 
-hadis mutarik (tidak tetap ) ciri hadis dhaif.

١٢١٦ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَكْرٍ أَخْبَرَنَا هِشَامٌ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ بَعْضِ أَصْحَابِهِ أَنَّ أُبَيَّ بْنَ كَعْبٍ أَمَّهُمْ يَعْنِي فِي رَمَضَانَ وَكَانَ يَقْنُتُ فِي النِّصْفِ الْآخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

1216. Telah menceritakan kepada Kami Ahmad bin Muhammad bin Hanbal, telah menceritakan kepada Kami Muhammad bin Bakr, telah mengabarkan kepadaku Hisyam dari Muhammad dari sebagian sahabatnya bahwa Ubai bin Ka'b mengimami mereka pada bulan ramadhan dan dia qunut pada pertengahan terakhir bulan Ramadhan. 

-muhamad bin sirin dari sahabatnya.
- siapa sahabatnya? Ini majhul ,hadis jadi dhaif.


١٢١٧ - حَدَّثَنَا شُجَاعُ بْنُ مَخْلَدٍ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ أَخْبَرَنَا يُونُسُ بْنُ عُبَيْدٍ عَنْ الْحَسَنِ أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ جَمَعَ النَّاسَ عَلَى أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ فَكَانَ يُصَلِّي لَهُمْ عِشْرِينَ لَيْلَةً وَلَا يَقْنُتُ بِهِمْ إِلَّا فِي النِّصْفِ الْبَاقِي فَإِذَا كَانَتْ الْعَشْرُ الْأَوَاخِرُ تَخَلَّفَ فَصَلَّى فِي بَيْتِهِ فَكَانُوا يَقُولُونَ أَبَقَ أُبَيٌّ قَالَ أَبُو دَاوُد وَهَذَا يَدُلُّ عَلَى أَنَّ الَّذِي ذُكِرَ فِي الْقُنُوتِ لَيْسَ بِشَيْءٍ وَهَذَانِ الْحَدِيثَانِ يَدُلَّانِ عَلَى ضَعْفِ حَدِيثِ أُبَيٍّ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَنَتَ فِي الْوِتْرِ

1217. Telah menceritakan kepada Kami Syuja' bin Makhlad, telah menceritakan kepada Kami Husyaim, telah mengabarkan kepada Kami Yunus bin 'Ubaid 
dari Al Hasan bahwa Umar bin Khathab RhadhiyAllahu 'anhu mengumpulkan orang-orang untuk melakukan shalat dibelakang Ubai bin Kaab, ia melakukan shalat sebagai imam mereka selama dua puluh malam, dan dia tidak melakukan qunut bersama mereka kecuali pada setengah bulan terakhir. Dan apabila sudah masuk hari kesepuluh terakhir ia mengundurkan diri dan melakukan shalat dirumahnya, hingga orang-orang mengatakan bahwa Ubai telah kabur(lari). Abu Daud berkata; hadits ini menunjukkan bahwa hadits yang telah disebutkan mengenai qunut tidak berarti apa-apa, dan dua hadits ini menunjukkan kelemahan(kedhaifan) hadits Ubai bahwa Nabi Shalla Allahu 'alaihi wa sallam melakukan qunut pada waktu witir. 
Minit 11


Sunan Abu daud kitab solat sesi 155sy
Abu Daud 9 bab
2. Shalat  » 478. Disunahkan shalat witir.
2. Shalat  » 479. Bagi yang tidak melaksanakan shalat witir.
2. Shalat  » 480. Berapa rakaat shalat witir
2. Shalat  » 481. Apa yang dibaca dalam shalat witir
2. Shalat  » 482. Qunut dalam shalat witir.
2. Shalat  » 483. Doa setelah shalat witir.
2. Shalat  » 484. Shalat witir sebelum tidur.
2. Shalat  » 485. Waktu shalat witir
2. Shalat  » 486. Batal dari melaksanakan shalat witir

٢ -  الصلاة » ٤٨٠ -  كم الوتر
2. Shalat  » 480. Berapa rakaat shalat witir
١٢١١ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ أَخْبَرَنَا هَمَّامٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ شَقِيقٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَجُلًا مِنْ أَهْلِ الْبَادِيَةِ سَأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ صَلَاةِ اللَّيْلِ فَقَالَ بِأُصْبُعَيْهِ هَكَذَا مَثْنَى مَثْنَى وَالْوِتْرُ رَكْعَةٌ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ
1211. Telah menceritakan kepada Kamin Muhammad bin Katsir telah mengabarkan kepada Kami Hammam dari Qatadah dari Abdullah bin Syaqiq dari 
Ibnu Umar bahwa seorang laki-laki badui bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengenai shalat malam. Kemudian beliau mengatakan menggunakan (mengisyaratkan) jari-jarinya: "Dua, dua, dan witir satu reka'at pada akhir malam(hujung malam)"

Hadits 1211
Ibnu Umar bahwa seorang laki-laki badui 
-tak sebut siapa dia tetapi dia sahabat, tak tahu siapa tak mengapa.
-bukan dia sendiri.

bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengenai shalat malam. Kemudian beliau mengatakan menggunakan (mengisyaratkan) jari-jarinya: "Dua, dua, dan witir satu reka'at pada akhir malam(hujung malam)"
-solat malam dua-dua rakaat yang molek adalah pisol dan witir 1 rakaat diakhir malam ini yang paling molek.
-pisol=pisahkan rakaat.
-wisol =sambungkan 
-semua sambung duduk hanya pada rakaat akhir atau duduk pada rakaat sebelum akhir dan rakaat terakhir  ,boleh juga. Kira berbagai cara yang nabi tunjukan.
-hadits ini menunjukan witir 1 rakaat tersendiri diakhir malam.
-bg Hanafi tidak boleh witir 1 rakaat hingga berdosa(kira wasol),witir mesti 3 rakaat.
Minit 16
-sebab dia pegang dengan hadis nabi saw larang solat satu rakaat(butairok).
-jadi dia takwil.
-yang ke 3 atau 5 atau 7 yang menganjilkan itulah witir bg nya.
-berapa rakaat witir?(bg mazhab syafie)
1.witir bersambung.tidak bertasyhahud kecuali pada rakaat yang akhir.
Jika 7 rakaat tasyahud pada rakaat ke 6 dan ke 7
2. Ada yg buat tasyahud tapi tak bagi salam.Ini dipanggil al maksul iaitu setiap 2 rakaat ada tasyahud,walau tak bagi salam.
Ada yang kata maksul(dipisahkan dengan tasyahud) bermaksud bagi salam.
Bg yang nak buat lebih,Yg dipisahkan dengan tasyahud dan bagi salam lebih afdal.
Jika berwitir dengan 3 rakaat tasyahud bg salam kemudian buat satu rakaat lagi bagi salam lebih baik.
Dan tidak boleh lebih dari 11 rakaat.
Witir satu rakaat.
Kalu witir  3 rakaat lebih afdal bagi salam dan buat satu rakaat lagi.
Tetapi harus wasol.
Jika 5 tidak boleh duduk kecuali pada rakaat ke4 duduk tasyahud sahaja
Jika witir 11 rakaat boleh bagi salam setiap 2 rakaat.
Boleh juga duduk pada 10 rakaat dan 11 rakaat akhir duduk dan bagi salam
Dan ini boleh dipanggil solat malam atau solat witir.
Dalam istilah hadits solat witir juga dipanggil solat malam.
Juga dipanggil solat tahajud, kira boleh bertukar- tukar.
Solat witir=solat malam=solat tahajud
Tetapi Solat witir yg sebenar adalah satu atau ganjil.

١٢١٢ - حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ الْمُبَارَكِ حَدَّثَنِي قُرَيْشُ بْنُ حَيَّانَ الْعِجْلِيُّ حَدَّثَنَا بَكْرُ بْنُ وَائِلٍ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَزِيدَ اللَّيْثِيِّ عَنْ أَبِي أَيُّوبَ الْأَنْصَارِيِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْوِتْرُ حَقٌّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُوتِرَ بِخَمْسٍ فَلْيَفْعَلْ وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُوتِرَ بِثَلَاثٍ فَلْيَفْعَلْ وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُوتِرَ بِوَاحِدَةٍ فَلْيَفْعَلْ

1212. Telah menceritakan kepada Kami Abdurrahman bin Al Mubarak, telah menceritakan kepadaku Quraisy bin Hayyan Al 'Ijli telah menceritakan kepada Kami Bakr bin Wail dari Az Zuhri dari 'Atha` bin Yazid Al Laitsi dari 
Abu Ayyub Al Anshari ia berkata; rasul shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Witir adalah sebuah hak (kewajipan atau disyariatkan))atas setiap muslim, barang siapa yang hendak melakukan witir lima raka'at maka hendaknya ia melakukankannya dan barang siapa yang hendak melakukan witir tiga raka'at maka hendaknya ia melakukannya, dan barang siapa yang hendak melakukan witir satu raka'at maka hendaknya ia melakukannya."
- makna حَقٌّ ada 2 :
Satu dengan makna subut.
Satu lagi dengan makna  wujud.

-sebab itu bg Abu hanifah witir wajibحَقّ(tanggungjawab)
-jika makna subut bererti witir ada bukan wajib.

-sekurang-kurang witir adalah satu rakaat.
-bg abu hanifah takwil  ,satu itu mengganjilkan  bukan satu-satunya rakaat.
-dia juga berpegang dengan hadits larangan daripada butairok (solat satu rakaat sahaja)
-bagi orang lain larangan itu adalah Larangan /nahi  tanzihi (bukan sampai tak sah) sahaja(kurang molek) .kalu buat jarang2 satu rakaat tak mengapa bukan buat selalu.(satu rakaat tak mengapa bukan sokmo2.)

٢ -  الصلاة » ٤٨١ -  ما يقرأ في الوتر
2. Shalat  » 481. Apa yang dibaca dalam shalat witir.
- apa ialah quran (يقرأ)yang dibaca selain fatihah.

١٢١٣ - حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا أَبُو حَفْصٍ الْأَبَّارُ ح و حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُوسَى أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَنَسٍ وَهَذَا لَفْظُهُ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ طَلْحَةَ وَزُبَيْدٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبْزَى عَنْ أَبِيهِ عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُوتِرُ بِسَبِّحْ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى وَقُلْ لِلَّذِينَ كَفَرُوا وَاللَّهُ الْوَاحِدُ الصَّمَدُ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي شُعَيْبٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ حَدَّثَنَا خُصَيْفٌ عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ جُرَيْجٍ قَالَ سَأَلْتُ عَائِشَةَ أُمَّ الْمُؤْمِنِينَ بِأَيِّ شَيْءٍ كَانَ يُوتِرُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرَ مَعْنَاهُ قَالَ وَفِي الثَّالِثَةِ بِقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ وَالْمُعَوِّذَتَيْنِ
1213. Telah menceritakan kepada Kami Utsman bin Abu Syaibah, telah menceritakan kepada Kami Abu Hafsh Al Abbar, dan diriwayatkan dari jalur yang lain: Telah menceritakan kepada Kami Ibrahim bin Musa telah mengabarkan kepada Kami Muhammad bin Anas dan ini adalah lafazhnya, dari Al A'masy dari Thalhah dan Zubaid dari Sa'id? bin Abdurrahman bin Abza dari ayahnya dari 
Ubai bin Ka'bin ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melakukan witir dengan membaca "Sabbihisma rabbikal a'laa" (Surat Al A'la) (87)dan "Qul lilladzina kafaruu" (Surat Al Kaafiruun) (109)serta "WAllahul wahidush shamad" (Surat Al Ikhlash)(112). 
-ini riwayat menyebutkan makna alquran itu.
Telah berkata kepada Kami Ahmad bin Abu Syu'aib, telah menceritakan kepada Kami Muhammad bin Salamah, telah menceritakan kepada Kami Khushaif dari Abdul Aziz bin Juraij berkata; aku bertanya kepada Aisyah ummul mukminin radhiyAllahu; surat apakah yang dibaca Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ketika melakukan witir? Kemudian ia menyebutkan maknanya; dan pada raka'at yang ketiga beliau membaca "Qul Huwallaahu Ahad" dan "Mu'awwidzatain" (Surat Al Falaq dan An Naas). 
-ini 3 surah,tapi hadits ini tidak kuat

-bacaan rakaat pertama sabihi 
-bacaan rakaat kedua kulyaayuhakalfirun
-perawi mengemukakan berdasarkan makna.
-bacaan rakaat ke3 qulhuwallah dan muawizatainin
-yg lebih utama atau lebih kuat baca qulhuwallahuahad sahaja.
-bandingkan perawi mana yang lebih kuat.
-Abdul Aziz bin Juraij perawi yang lemah.
-Khushaif yang tersalah.
-hadits ini bercanggah yang lebih kemas.
-nabi saw, kebiasaan rakaat akhir semakin pendek.
-Tapi kalu nak baca muawuzatain sah juga solat  .
-hadits muawizatain ini bercanggah dengan yang lebih sahih, jadi ia jadi mungkar.
Minit 40

٢ -  الصلاة » ٤٨٢ -  القنوت في الوتر
2. Shalat  » 482. Qunut dalam shalat witir
Qunut sudah bermakna doa.
Doa qunut jadi doa doa
Hadis dhaif boleh pakai sebab fadilat sahaja
Qunut bermakna
1.khusyuk
2.doa
3.solat
4.ibadat
5.lama berdiri
6.diam
-dalam quran disebut قَٰنِتِينَ yg berasal dari perkataan qunut tu lah.
Al-Baqarah 2:238
حَٰفِظُوا۟ عَلَى ٱلصَّلَوَٰتِ وَٱلصَّلَوٰةِ ٱلْوُسْطَىٰ وَقُومُوا۟ لِلَّهِ قَٰنِتِينَ 
Peliharalah semua shalat dan shalat wusta. Dan laksanakanlah (shalat) karena Allah dengan khusyuk.

-ada 3 khilaf tentang qunut.
1.Bila sebelum rukuk atau selepas rukuk?
2.qunut dalam witir ini atau tiada?
Kalau ada sepanjang tahun atau  pada bulan ramadan sahaja atau pada bulan ramadan itu hanya  diakhir bulan ramadan shj?
3.qunut selain dari dalam solat witir ada tidak?
Contoh dalam solat ferdu ,ada tidak ada?
Ketiga2nya ada orang buat dan dalilnya bagaimanapun ada khilaf dan bukan bid'ah.

١٢١٤ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ وَأَحْمَدُ بْنُ جَوَّاسٍ الْحَنَفِيُّ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُو الْأَحْوَصِ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ بُرَيْدِ بْنِ أَبِي مَرْيَمَ عَنْ أَبِي الْحَوْرَاءِ قَالَ قَالَ الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا عَلَّمَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَلِمَاتٍ أَقُولُهُنَّ فِي الْوِتْرِ قَالَ ابْنُ جَوَّاسٍ فِي قُنُوتِ الْوِتْرِ اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِي فِيمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَ وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ إِنَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ وَإِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلَا يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدٍ النُّفَيْلِيُّ حَدَّثَنَا زُهَيْرٌ حَدَّثَنَا أَبُو إِسْحَقَ بِإِسْنَادِهِ وَمَعْنَاهُ قَالَ فِي آخِرِهِ قَالَ هَذَا يَقُولُ فِي الْوِتْرِ فِي الْقُنُوتِ وَلَمْ يَذْكُرْ أَقُولُهُنَّ فِي الْوِتْرِ أَبُو الْحَوْرَاءِ رَبِيعَةُ بْنُ شَيْبَانَ

1214. Telah menceritakan kepada Kami Qutaibah bin Sa'id dan Ahmad bin Jawwas Al Hanafi mereka berkata; telah menceritakan kepada Kami Abu Al Ahwash dari Abu Ishaq dari Buraid bin Abu Maryam dari 
Abu Al Haura`, ia berkata; telah berkata
👉 Al Hasan bin Ali radliallahu 'anhuma; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah mengajarkan kepada beberapa kalimat yang aku ucapkan ketika melakukan witir.. Ibnu Hawwas berkata; ketika melakukan qunut witir yaitu; ALLAAHUMMAH DINII FIIMAN HADAIT, WA 'AAFINII FIIMAN TAWALLAIT, WA BAARIK LII FIIMAA A'THAIT, WA QINII SYARRA MAA QADHAIT, INNAKA TAQDHII WA LAA YUQDHAA 'ALAIK, WA INNAHU LAA YADZILLU MAN WAALAIT, WA LAA YA'IZZU MAN 'AADAIT, TABAARAKTA RABBANAA WA TA'AALAIT (Ya Allah, berilah aku petunjuk diantara orang-orang yang Engkau beri petunjuk, dan berilah aku keselamatan diantara orang-orang yang telah Engkau beri keselamatan, uruslah diriku diantara orang-orang yang telah Engkau urus, berkahilah untukku apa yang telah Engkau berikan kepadaku, lindungilah aku dari keburukan apa yang telah Engkau putuskan, sesungguhnya Engkau Yang memutuskan dan tidak diputuskan kepadaku, sesungguhnya tidak akan hina orang yang telah Engkau jaga dan Engkau tolong, dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Engkau Maha Suci dan Maha Tinggi). Telah menceritakan kepada Kami Abdullah bin Muhammad An Nufaili, telah menceritakan kepada Kami Zuhair, telah menceritakan kepada Kami Abu Ishaq dengan sanad serta maknannya, ia berkata pada akhir hadits tersebut; Abu Al Haura` Rabi'ah bin Syaiban mengatakan hal ini yaitu; beliau mengucapkan ketika melakukan qunud dalam witir: "….." dan ia tidak menyebutkan; aku mengucapkannya dalam witir. 

-bg orang yang mengatakan sempat dengar nabi kata ,dia kata sahihlah.misalnya ini satu2 hadisnya.
-sebenarnya Hasan bin Ali lahir tahun ke tahun ke 7 H, bidannya yang sambut ialah  Asma bt Umais(tahun ke 5H pergi hijrah), balik dari hijrah selepas perang Khaibar.
Ali baru kahwin dengan Fatimah tahun ke 3 hijrah.
Baru umur 3 tahun sempat bersama nabi saw.
Hasan duk main dipanggil soby.
Sibyan=budak duk main dengan budak.
Abu bakar kata dia seperti nabi  bukan rupa Ali.
Budak besar sikit dipanggil ghulam.
Hasan tak ingat rupa Nabi saw.Dia pernah tanya bapak saudaranya tentang rupa  nabi saw.
Yang lahir ke2 H pun tak sempat riwayat dari Nabi saw.
Tak munasabah belajar qunut dari Nabi saw.
Boleh jadi dia belajar dengan bapaknya, Ali.
Hadits ini adalah hadis mursal.tapi dia tak sebut nama Ali.
Adakah perkara ini sabit?
Untuk nak baca qunut ,maknanya eluk dan  boleh tapi tak sabit.
Munasabahnya tak sempat.

١٢١٥ - حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ هِشَامِ بْنِ عَمْرٍو الْفَزَارِيِّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْحَارِثِ بْنِ هِشَامٍ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ فِي آخِرِ وِتْرِهِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سُخْطِكَ وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ قَالَ أَبُو دَاوُد هِشَامٌ أَقْدَمُ شَيْخٍ لِحَمَّادٍ وَبَلَغَنِي عَنْ يَحْيَى بْنِ مَعِينٍ أَنَّهُ قَالَ لَمْ يَرْوِ عَنْهُ غَيْرُ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَى عِيسَى بْنُ يُونُسَ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي عَرُوبَةَ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبْزَى عَنْ أَبِيهِ عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَنَتَ يَعْنِي فِي الْوِتْرِ قَبْلَ الرُّكُوعِ قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَى عِيسَى بْنُ يُونُسَ هَذَا الْحَدِيثَ أَيْضًا عَنْ فِطْرِ بْنِ خَلِيفَةَ عَنْ زُبَيْدٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبْزَى عَنْ أَبِيهِ عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِثْلَهُ وَرُوِيَ عَنْ حَفْصِ بْنِ غِيَاثٍ عَنْ مِسْعَرٍ عَنْ زُبَيْدٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبْزَى عَنْ أَبِيهِ عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَنَتَ فِي الْوِتْرِ قَبْلَ الرُّكُوعِ قَالَ أَبُو دَاوُد وَحَدِيثُ سَعِيدٍ عَنْ قَتَادَةَ رَوَاهُ يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ عَنْ سَعِيدٍ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ عَزْرَةَ عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبْزَى عَنْ أَبِيهِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يَذْكُرْ الْقُنُوتَ وَلَا ذَكَرَ أُبَيًّا وَكَذَلِكَ رَوَاهُ عَبْدُ الْأَعْلَى وَمُحَمَّدُ بْنُ بِشْرٍ الْعَبْدِيُّ وَسَمَاعُهُ بِالْكُوفَةِ مَعَ عِيسَى بْنِ يُونُسَ وَلَمْ يَذْكُرُوا الْقُنُوتَ وَقَدْ رَوَاهُ أَيْضًا هِشَامٌ الدَّسْتُوَائِيُّ وَشُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ وَلَمْ يَذْكُرَا الْقُنُوتَ وَحَدِيثُ زُبَيْدٍ رَوَاهُ سُلَيْمَانُ الْأَعْمَشُ وَشُعْبَةُ وَعَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ أَبِي سُلَيْمَانَ وَجَرِيرُ بْنُ حَازِمٍ كُلُّهُمْ عَنْ زُبَيْدٍ لَمْ يَذْكُرْ أَحَدٌ مِنْهُمْ الْقُنُوتَ إِلَّا مَا رُوِيَ عَنْ حَفْصِ بْنِ غِيَاثٍ عَنْ مِسْعَرٍ عَنْ زُبَيْدٍ فَإِنَّهُ قَالَ فِي حَدِيثِهِ إِنَّهُ قَنَتَ قَبْلَ الرُّكُوعِ قَالَ أَبُو دَاوُد وَلَيْسَ هُوَ بِالْمَشْهُورِ مِنْ حَدِيثِ حَفْصٍ نَخَافُ أَنْ يَكُونَ عَنْ حَفْصٍ عَنْ غَيْرِ مِسْعَرٍ قَالَ أَبُو دَاوُد وَيُرْوَى أَنَّ أُبَيًّا كَانَ يَقْنُتُ فِي النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ


1215. Telah menceritakan kepada Kami Musa bin Isma'il, telah menceritakan kepada Kami Hammad dari Hisyam bin 'Amr Al Fazari dari Abdurrahman bin Al Harits bin Hisyam dari Ali bin Abu Thalib radliallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam di akhir shalat witirnya membaca: "ALLAAHUMMA INNII A'UUDZU BIRIDHAAKA MIN SAKHATHIKA WA BIMU'AAFAATIK, MIN 'UQUUBATIK, WA A'UUDZU BIKA MINKA LAA UHSHII TSANAA-AN 'ALAIK, ANTA KAMAA ATSNAITA 'ALAA NAFSIK." (Ya Allah, aku berlindung dengan keridhaanMU dari murkaMu dan kepada ampunanMu dari adzabMu, dan aku berlindung kepadaMu dariMu, aku tidak dapat menghitung pujian kepadaMu, Engkau sebagaimana yang telah Engkau puji diri-Mu). 
-ini bermakna ciptaan Allah semua yang boleh dan layak dipuji.

Abu Daud berkata; Hisyam adalah guru Hammad yang paling tua, dan telah sampai kepadaku dari Yahya bin Ma'in bahwa ia berkata; tidak ada yang meriwayatkan dari Hisyam selain Hammad bin Salamah. Abu Daud berkata; Isa bin Yunus telah meriwayatkan dari Sa'id bin Abu Arubah dari Qatadah dari Sa'id bin Abdurrahman bin Abza dari bapaknya dari Ubai bin Ka'b bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melaksanakan qunut pada waktu witir sebelum ruku'. Abu Daud berkata; Isa bin Yunus meriwayatkan hadits ini juga dari Fithr bin Khalifah dari Zubaid dari Sa'id? bin Abdurrahman bin Abza dari ayahnya dari Ubai bin Ka'b dari Nabi Shalla Allahu 'alaihi wa sallam seperti itu. Dan telah diriwayatkan dari Hafsh bin ghiyats dari Mis'ar dari Zubaid dari Sa'id bin Abdurrahman bin Abza dari ayahnya dari Ubai bin Ka'b bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melakukan qunut pada waktu shalat witir sebelum ruku'.
- ini sebelum rukuk.
-hadits mutarik(tidak tetap) ,sebab itu hadits ini tak kemas.
-hadis mutarik (tidak tetap ) adalah salah satu ciri hadis dhaif.

 Abu Daud berkata; dan hadits Sa'id dari Qatadah diriwayatkan oleh Yazid bin Zurai' dari Sa'id dari Qatadah dari Azrah dari Sa'id? bin Abdurrahman bin Abza dari bapaknya dari Nabi Shalla Allahu 'alaihi wa sallam, ia tidak menyebutkan qunut dan tidak pula menyebutkan Ubai.
-qunut sendiri pun tak sebut .

 Dan begitu juga diriwayatkan oleh Abdul A'la dan Muhammad bin Bisyr Al 'Abdi dan ia mendengarnya di Kufah bersama Isa bin Yunus dan mereka tidak menyebutkan qunut. Dan telah diriwayatkan pula oleh Hisyam Ad Dastuwa-i dan Syu'bah dari Qatadah dan mereka berdua tidak menyebutkan qunut. Hadits Zubaid diriwayatkan oleh Sulaiman Al A'masy, Syu'bah, Abdul Malik bin Abu Sulaiman dan Jarir bin Hazim, mereka semua meriwayatkan dari Zubaid dan tidak ada seorangpun dari mereka yang menyebutkan qunut kecuali hadits yang diriwayatkan dari Hafsh bin ghiyats dari Mis'ar dari Zubaid, sesungguhnya ia menyebutkan dalam haditsnya bahwa beliau melakukan qunut sebelum ruku'. Abu Daud berkata; hal tersebut tidaklah yang dikenal dari hadits Hafsh, Kami hal tersebut berasal dari Hafsh dari selain Mis'ar. Abu Daud berkata; dan diriwayatkan bahwasanya Ubai bin Kaab melaksanakan witir pada pertengahan bulan Ramadhan. 



١٢١٦ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَكْرٍ أَخْبَرَنَا هِشَامٌ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ بَعْضِ أَصْحَابِهِ أَنَّ أُبَيَّ بْنَ كَعْبٍ أَمَّهُمْ يَعْنِي فِي رَمَضَانَ وَكَانَ يَقْنُتُ فِي النِّصْفِ الْآخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

1216. Telah menceritakan kepada Kami Ahmad bin Muhammad bin Hanbal(datuknya), telah menceritakan kepada Kami Muhammad bin Bakr, telah mengabarkan kepadaku Hisyam dari Muhammad dari sebagian sahabatnya bahwa Ubai bin Ka'b mengimami mereka pada bulan ramadhan dan dia qunut pada pertengahan terakhir bulan Ramadhan. 
-muhamad bin sirin dari sahabatnya.
- siapa sahabatnya? Ini majhul ,hadis jadi dhaif.

-jika ada ialah pada rakaat kedua selepas iktidal.
-mustahab ada pada semua solat  ferdu ketika ada peristiwa besar atau malapetaka(sebelum atau selepas rukuk)
-Tapi hadisnya tak kuat.



١٢١٧ - حَدَّثَنَا شُجَاعُ بْنُ مَخْلَدٍ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ أَخْبَرَنَا يُونُسُ بْنُ عُبَيْدٍ عَنْ الْحَسَنِ أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ جَمَعَ النَّاسَ عَلَى أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ فَكَانَ يُصَلِّي لَهُمْ عِشْرِينَ لَيْلَةً وَلَا يَقْنُتُ بِهِمْ إِلَّا فِي النِّصْفِ الْبَاقِي فَإِذَا كَانَتْ الْعَشْرُ الْأَوَاخِرُ تَخَلَّفَ فَصَلَّى فِي بَيْتِهِ فَكَانُوا يَقُولُونَ أَبَقَ أُبَيٌّ قَالَ أَبُو دَاوُد وَهَذَا يَدُلُّ عَلَى أَنَّ الَّذِي ذُكِرَ فِي الْقُنُوتِ لَيْسَ بِشَيْءٍ وَهَذَانِ الْحَدِيثَانِ يَدُلَّانِ عَلَى ضَعْفِ حَدِيثِ أُبَيٍّ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَنَتَ فِي الْوِتْرِ

1217. Telah menceritakan kepada Kami Syuja' bin Makhlad, telah menceritakan kepada Kami Husyaim, telah mengabarkan kepada Kami Yunus bin 'Ubaid dari Al Hasan(Basri)(dilahirkan 2 tahun sebelum Umar mati) bahwa Umar bin Khathab RhadhiyAllahu 'anhu mengumpulkan orang-orang untuk melakukan shalat dibelakang Ubai bin Kaab, ia melakukan shalat sebagai imam mereka selama dua puluh malam, dan dia tidak melakukan qunut bersama mereka kecuali pada setengah bulan terakhir. 
-ini sifat hadits dhaif.

Dan apabila sudah masuk hari kesepuluh terakhir ia mengundurkan diri dan melakukan shalat dirumahnya, hingga orang-orang mengatakan bahwa Ubai telah kabur(lari). Abu Daud berkata; hadits ini menunjukkan bahwa hadits yang telah disebutkan mengenai qunut tidak berarti apa-apa, 
-sebab riwayat ini dari  Hasan Basri.
-sanadnya putus,sebab Hasan Basri tak sempat jumpa Umar.bukan umur menerima hadits.
-ukamak kata mursal hasan basri seperti angin tak kemas.

dan dua hadits ini menunjukkan kelemahan hadits Ubai bahwa Nabi Shalla Allahu 'alaihi wa sallam melakukan qunut pada waktu witir. 

-mursal Hasan Basri.
- sifat hadis dhaif ,tidak kemas.






Tiada ulasan:

Catat Ulasan