Ahad, Jun 20, 2021

Sunan Abu Daud kitab solat sesi 023s

Sunan Abu Daud kitab solat sesi 023s

٢ -  الصلاة » ١٨٣ -  في الأذان قبل دخول الوقت
2. Shalat  » 183. Adzan sebelum masuknya waktu

٤٤٨ - حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ وَدَاوُدُ بْنُ شَبِيبٍ الْمَعْنَى قَالَا حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ بِلَالًا أَذَّنَ قَبْلَ طُلُوعِ الْفَجْرِ فَأَمَرَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَرْجِعَ فَيُنَادِيَ أَلَا إِنَّ الْعَبْدَ قَدْ نَامَ أَلَا إِنَّ الْعَبْدَ قَدْ نَامَ زَادَ مُوسَى فَرَجَعَ فَنَادَى أَلَا إِنَّ الْعَبْدَ قَدْ نَامَ قَالَ أَبُو دَاوُد وَهَذَا الْحَدِيثُ لَمْ يَرْوِهِ عَنْ أَيُّوبَ إِلَّا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ بْنُ مَنْصُورٍ حَدَّثَنَا شُعَيْبُ بْنُ حَرْبٍ عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ أَبِي رَوَّادٍ أَخْبَرَنَا نَافِعٌ عَنْ مُؤَذِّنٍ لِعُمَرَ يُقَالُ لَهُ مَسْرُوحٌ أَذَّنَ قَبْلَ الصُّبْحِ فَأَمَرَهُ عُمَرُ فَذَكَرَ نَحْوَهُ قَالَ أَبُو دَاوُد وَقَدْ رَوَاهُ حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ نَافِعٍ أَوْ غَيْرِهِ أَنَّ مُؤَذِّنًا لِعُمَرَ يُقَالُ لَهُ مَسْرُوحٌ أَوْ غَيْرُهُ قَالَ أَبُو دَاوُد وَرَوَاهُ الدَّرَاوَرْدِيُّ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ كَانَ لِعُمَرَ مُؤَذِّنٌ يُقَالُ لَهُ مَسْعُودٌ وَذَكَرَ نَحْوَهُ وَهَذَا أَصَحُّ مِنْ ذَاكَ
448. Telah menceritakan kepada kami 
Musa bin Isma'il dan 
Dawud bin Syabib secara makna, 
mereka berdua berkata; 
-yakni Musa dan Dawud

Telah menceritakan kepada kami 
👉Hammad dari Ayyub dari Nafi' dari Ibnu Umar bahwasanya Bilal adzan sebelum terbit fajar, 
-bolehkah Adzan sebelum masuknya waktu ?
-tidak boleh kecuali solat subuh sahaja  dan jika tak azan pun sudah memadai.
- waktu solat lain tidak boleh , kena masuk waktu dulu baru boleh azan.
-ada yang kata tak boleh termasuk solat subuh.
-larangan itu haram atau makruh. Ada khilaf
-bagi yang berpegang boleh azan , banyak haditsnya ,seperti Bilal azan waktu malam (pada bulan puasa) terus makan sehingga  Abdullah Ibnu  Maktum azan waktu masuk subuh.. Ini menunjukan jelas boleh azan sebelum subuh.
-bagi orang yang kata tak boleh, mereka kata Bilal  azan dengan maksud lain bukan niat maksud subuh.
Dan hanya dibulan puasa sahaja bukan sentiasa  supaya orang beribadah dia balik atau jika ia tidur ia sedar untuk bersahur atau buat apa2. Pastinya bukan untuk solat subuh dan untuk bulan Ramadan sahaja.
-jawapan bagi orang yang kata boleh azan sebelum subuh pula 
-ini  seolah-olah cerita azan yang tak boleh sebelum subuh itu  dulu, kemudian nabi saw  benarkan, kira larangan ini sudah mansukh.
-perkara kedua ,bg yang kata tak boleh, jika maksudnya bang dengan tujuan lain bukan tujuan masuk subuh.
-yang ketiga, Hamnad bin Salamah seorang sahaja yang riwayat dan bermaksud dia keliru .
-Yang suruh tu Umar ,bukan Nabi saw.

maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkannya untuk kembali dan mengumandangkan; 
Alaa innal 'abda qad naama, alaa innal 'abda qad naama (Ingatlah, bahwa hamba benar benar telah tidur, ingatlah, bahwa hamba benar benar telah tidur)." 

Musa menambahkan; Maka dia kembali dan mengumandangkan; Alaa innal 'abda qad naama (Ingatlah, bahwa hamba benar benar telah tidur. 

Abu Dawud berkata; Hadits ini tidak ada yang meriwayatkannya dari Ayyub kecuali Hammad bin Salamah. 

Telah menceritakan kepada kami Ayyub bin Manshur telah menceritakan kepada kami Syu'aib bin Harb dari Abdul Aziz bin Abi Rawwad telah mengabarkan kepada kami Nafi' tentang seorang muadzdzin Umar yang dikenal dengan panggilan Masruh yang adzan sebelum Shubuh, maka Umar memerintahkannya…, kemudian perawi menyebutkan seperti makna hadits di atas. 
-Masruh yang azan sebelum subuh
-muazin yang tertidur adalah Masruh bukan Bilal.

Abu Dawud berkata; 
Dan Hammad bin Zaid telah meriwayatkan 
dari 👉 Ubaidullah bin Umar dari Nafi' atau yang(orang ) lainnya, bahwasanya seorang muadzdzin pada zaman Umar yang disebut namanya Masruh atau yang lainnya. 

Abu Dawud berkata; Addarawardi (satu lagi perawi) telah meriwayatkannya dari 👉Ubaidullah dari Nafi' dari Ibnu Umar dia berkata; Umar mempunyai seorang muadzdzin yang disebut namanya Mas'ud, kemudian dia menyebutkan seperti di atas, dan hadits ini lebih shahih 
-boleh bererti
1.Dua2 sahih
2.satu sahih satu lagi tak sahih.dan disini bahasa itu menunjukan ia   sangat berhati2 memberitahu sebab Hammad  bin Salamah orang "besar " dalam hadits.

dari yang lainnya(yang tadi). 
-Hammad bin Salamah memang ada kelebihan tetapi disini dia telah tersilap.
-Hammad bin Salamah orang hebat.
-yang suruh itu Umar bin Nabi saw.
-muazim pula nama Masruh atau Masud.
-hadits ini setakat Umar bukan Nabi saw.
-kalu terima hadits ini apa erti hadits lain  yang lebih sahih, nabi saw suruh Ibnu Abu maktum dan Bilal azan sebelum subuh macam mana?
-hadits syar, perawi dia molek juga tetapi bercanggah dengan orang yang molek juga.
-hadits ini ada ilat atau penyakit atau bercanggah dengan yang lain.
-kenapa tak terima yang Umar buat, kan dia khulaf arrsyiddin dan kenapa Umar pula berani tak ikut yang nabi saw buat.
-Itu adalah ijtihah Umar dan boleh ditinggalkan  sebab ada hadits yang sahih dari nabi saw yang menunjukan boleh  buat dan jika buat mungkin akan mendatang kekeliruan pula.
-jika nak buat kena pastikan sebab buat itu mencukupi yang membolehkan ia dibuat dan tidak mendatangkan kekeliruan.
-zaman nabi saw masyarakat boleh maklum siapa yang azan sebelum subuh sebab cam suara muazim begitu suara muazim ketika masuk waktu subuh dan perkara ini sangat membantu mereka dalam menjaga waktu.

-contoh hadits ada ilat seperti ini (hadits 448) ialah hadits tentang umur Aisyah ,Hisyam yang meriwayatkannya.


٤٤٩ - حَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ بُرْقَانَ عَنْ شَدَّادٍ مَوْلَى عِيَاضِ بْنِ عَامِرٍ عَنْ بِلَالٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَهُ لَا تُؤَذِّنْ حَتَّى يَسْتَبِينَ لَكَ الْفَجْرُ هَكَذَا وَمَدَّ يَدَيْهِ عَرْضًا قَالَ أَبُو دَاوُد شَدَّادٌ مَوْلَى عِيَاضٍ لَمْ يُدْرِكْ بِلَالًا
449. Telah menceritakan kepada kami Zuhari bin Harb telah menceritakan kepada kami Waki' telah menceritakan kepada kami Ja'far bin Burqan dari Syaddad, mantan sahaya 'Iyadl bin Amir 
dari Bilal bahwasanya Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda kepadanya: "Janganlah kamu mengumandangkan adzan(selagi) sehingga nampak jelas bagimu fajar seperti ini", seraya beliau membentangkan tangannya ke samping. Abu Daud berkata; Syaddad, mantan sahaya 'Iyadh tidak bertemu dengan Bilal. 
-hadits ni nabi saw larang azan sebelum masuk subuh

٢ -  الصلاة » ١٨٤ -  الأذان للأعمى
2. Shalat  » 184. Adzan bagi orang buta

٤٥٠ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ عَنْ يَحْيَى بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ وَسَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ ابْنَ أُمِّ مَكْتُومٍ كَانَ مُؤَذِّنًا لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ أَعْمَى
450. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Maslamah telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb dari Yahya bin Abdullah bin Salim dari 
Abdullah bin Umar dan Sa'id bin Abdurrahman dari Hisyam bin Urwah dari Ayahnya 
dari Aisyah bahwasanya Ibnu Ummi Maktum adalah seorang muadzdzin Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam, padahal dia adalah seorang yang buta. 
-syarat boleh pastikan waktu masuk walaupun dengan bantuan orang lain.
-ada pernah Bilal tersalah memastikan waktu (Bilal ada masalah mata juga), nabi saw sedang makan ajak sahabat makan.
-juga pengajaran boleh lewat sikit  sahur, bukan lewat mana pun.
-jaga hati oku dengan memberi peranan.
-Allah tegur nabi saw sebab dia.
-nabi saw hormat padanya.selamat datang orang yang telah menegur aku kerananya.

٢ -  الصلاة » ١٨٥ -  الخروج من المسجد بعد الأذان
2. Shalat  » 185. Keluar dari masjid setelah adzan

٤٥١ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ الْمُهَاجِرِ عَنْ أَبِي الشَّعْثَاءِ قَالَ كُنَّا مَعَ أَبِي هُرَيْرَةَ فِي الْمَسْجِدِ فَخَرَجَ رَجُلٌ حِينَ أَذَّنَ الْمُؤَذِّنُ لِلْعَصْرِ فَقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ أَمَّا هَذَا فَقَدْ عَصَى أَبَا الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

451. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Katsir telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Ibrahim bin Muhajir 
dari Abu Sy-Sya'tsa` dia berkata; Kami pernah berada di masjid bersama Abu Hurairah, lalu ada seorang laki laki keluar ketika Muadzin telah mengumandangkan adzan shalat Ashar. Maka Abu Hurairah berkata; Adapun orang ini, maka dia telah mendurhakai Abul Qasim (Rasulullah) shallallahu 'alaihi wasallam. 

Minit 5
٢ -  الصلاة » ١٨٦ -  في المؤذن ينتظر الإمام
2. Shalat  » 186. Muadzin menunggu imam

٤٥٢ - حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا شَبَابَةُ عَنْ إِسْرَائِيلَ عَنْ سِمَاكٍ عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ كَانَ بِلَالٌ يُؤَذِّنُ ثُمَّ يُمْهِلُ فَإِذَا رَأَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ خَرَجَ أَقَامَ الصَّلَاةَ
452. Telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abi Syaibah telah menceritakan kepada kami Syababah dari Isra`il dari Simak dari Jabir bin Samurah dia berkata; Biasanya Bilal setelah mengumandangkan adzan, dia menunggu sejenak, apabila telah melihat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam keluar, maka dia mengumandangkan iqamah shalat. 



Tiada ulasan:

Catat Ulasan