Rabu, Februari 16, 2022

Sunan Abu Daud kitab solat sesi 047s

Sunan Abu Daud kitab solat sesi 047s

٢ -  الصلاة » ٢٤٦ -  الصلاة إلى الراحلة
2. Shalat  » 246. Shalat menghadap kendaraan

Bab  solat mengadap kenderaan (yang berupa binatang).

٥٩٣ - حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَوَهْبُ بْنُ بَقِيَّةَ وَابْنُ أَبِي خَلَفٍ وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ قَالَ عُثْمَانُ حَدَّثَنَا أَبُو خَالِدٍ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي إِلَى بَعِيرٍ
593. Telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abi Syaibah dan Wahb bin Baqiyyah dan Ibnu Abi Khalaf dan Abdullah bin Sa'id berkata Utsman; Telah menceritakan kepada kami Abu Khalid telah menceritakan kepada kami Ubaidullah dari Nafi' dari 
Ibnu Umar bahwasanya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pernah (selalu) shalat dengan menghadap onta(nya). 

٢ -  الصلاة » ٢٤٧ -  إذا صلى إلى سارية أو نحوها أين يجعلها منه
2. Shalat  » 247. Jika shalat menghadap tiang atau selainnya, dimana harus memposisikannya

Bab kalu sesaorang solat mengadap  kearah kiblat atau mengadap sariyah atau tiang atau seumpamanya, dimanakah kedudukan itu daripada perdiriannya.

٥٩٤ - حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ خَالِدٍ الدِّمَشْقِيُّ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ حَدَّثَنَا أَبُو عُبَيْدَةَ الْوَلِيدُ بْنُ كَامِلٍ عَنْ الْمُهَلَّبِ بْنِ حُجْرٍ الْبَهْرَانِيِّ عَنْ ضُبَاعَةَ بِنْتِ الْمِقْدَادِ بْنِ الْأَسْوَدِ عَنْ أَبِيهَا قَالَ مَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي إِلَى عُودٍ وَلَا عَمُودٍ وَلَا شَجَرَةٍ إِلَّا جَعَلَهُ عَلَى حَاجِبِهِ الْأَيْمَنِ أَوْ الْأَيْسَرِ وَلَا يَصْمُدُ لَهُ صَمْدًا

594. Telah menceritakan kepada kami Mahmud bin Khalid Ad-Dimasyqi telah menceritakan kepada kami Ali bin 'Ayyasy telah menceritakan kepada kami Abu Ubaidah Al-Walid bin Kamil dari Al-Muhallab bin Hujr Al-Bahrani dari Dluba'ah binti Al-Miqdad bin Al-Aswad dari 
Ayahnya(miqdad) dia berkata; Saya tidak pernah melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam shalat menghadap kayu, tiang, dan tidak pula pohon, kecuali beliau menjadikannya di depan sebelah kanannya atau kirinya, dan beliau tidak(betul-betul) menghadapnya. 

-hadits tak sahih atau dhaif jadi tidak boleh menjadikan hukum. Untuk hadits nak   dijadikan  hukum,  sekurang-kurangnya hasan.


Minit 20
Minit 28
٢ -  الصلاة » ٢٤٨ -  الصلاة إلى المتحدثين والنيام
2. Shalat  » 248. Shalat menghadap orang yang berbual- bual atau orang yang tidur

Bab mengadap kearah orang yang sedang berbual-bual dan orang-orang yang tidur.
 boleh , mereka pakai hadits ini.
Minit 31
Minit 52

٥٩٥ - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ الْقَعْنَبِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَيْمَنَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ يَعْقُوبَ بْنِ إِسْحَقَ عَمَّنْ حَدَّثَهُ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ كَعْبٍ الْقُرَظِيِّ قَالَ قُلْتُ لَهُ يَعْنِي لِعُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تُصَلُّوا خَلْفَ النَّائِمِ وَلَا الْمُتَحَدِّثِ
595. Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Maslamah Al-Qa'nabi telah menceritakan kepada kami Abdul Malik bin Muhammad bin Aiman dari Abdullah bin Ya'qub bin Ishaq dari orang yang telah menceritakan kepadanya dari 
Muhammad bin Ka'ab Al-Qurazhi dia berkata; Saya katakan kepada Umar bin Abdul Aziz bahwa Abdullah bin Abbas telah menceritakan kepadaku, bahwasanya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Janganlah kalian shalat di belakang orang yang sedang tidur atau orang yang sedang bercakap atau berbual "
Minit 3

٢ -  الصلاة » ٢٤٩ -  الدُنُو من السترة
2. Shalat  » 249. Mendekat pada sutrah

Ini bab berada hampir dengan penghadang atau sutrah atau bab menghampiri sutrah.

٥٩٦ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ بْنِ سُفْيَانَ أَخْبَرَنَا سُفْيَانُ ح و حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَحَامِدُ بْنُ يَحْيَى وَابْنُ السَّرْحِ قَالُوا حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ صَفْوَانَ بْنِ سُلَيْمٍ عَنْ نَافِعِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ سَهْلِ بْنِ أَبِي حَثْمَةَ يَبْلُغُ بِهِ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ إِلَى سُتْرَةٍ فَلْيَدْنُ مِنْهَا لَا يَقْطَعْ الشَّيْطَانُ عَلَيْهِ صَلَاتَهُ قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَاهُ وَاقِدُ بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ صَفْوَانَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سَهْلٍ عَنْ أَبِيهِ أَوْ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سَهْلٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ بَعْضُهُمْ عَنْ نَافِعِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ وَاخْتُلِفَ فِي إِسْنَادِهِ
596. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ash-Shabbah bin Sufyan telah mengabarkan kepada kami Sufyan -dari jalur lain- Dan telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abi Syaibah dan Hamid bin Yahya dan Ibnu As-Sarj mereka berkata; Telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Shafwan bin Sulaim dari Nafi' bin Jubair dari Sahl bin Abi Hatsmah yang menyampaikan(memarfukan) haditsnya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Apabila salah seorang di antara kalian shalat dengan sutrah, hendaklah dia mendekat (hampir kepada sutrah)darinya hingga setan tidak dapat memutus shalatnya." 
Abu Dawud berkata; Hadits ini diriwayatkan oleh Waqid bin Muhammad dari Shafwan dari Muhammad bin Sahl dari Ayahnya atau dari Muhammad bin Sahl dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, sebagian mereka(ulama') berkata dari Nafi' bin Jubair dari Sahl bin Sa'ad dan sanadnya diperselisihkan(ulama' berselisih pendapat tentang isanadnya)

٥٩٧ - حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ وَالنُّفَيْلِيُّ قَالَا حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ أَبِي حَازِمٍ قَالَ أَخْبَرَنِي أَبِي عَنْ سَهْلٍ قَالَ وَكَانَ بَيْنَ مَقَامِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَبَيْنَ الْقِبْلَةِ مَمَرُّ عَنْزٍ قَالَ أَبُو دَاوُد الْخَبَرُ لِلنُّفَيْلِيِّ

597. Telah menceritakan kepada kami Al-Qa'nabi dan An-Nufaili mereka berdua berkata; Telah menceritakan kepada kami Abdul Aziz bin Abu Hazim dia berkata; Telah mengabarkan kepadaku Ayahku dari 
Sahl dia berkata; Jarak antara tempat berdiri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan antara kiblat adalah sekitar tempat lewat domba. Abu Dawud berkata; Hadits ini adalah riwayat An-Nufaili. 

٢ -  الصلاة » ٢٥٠ -  ما يؤمر المصلي أن يدرأ عن الممر بين يديه
2. Shalat  » 250. Apa yang diperintahkan kepada orang yang sedang shalat untuk menahan orang yang lewat di depannya  

Bab perintah kepada orang yang sedang solat daripada sesaorang  melalui dihadapannya.


٥٩٨ - حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ عَنْ مَالِكٍ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا كَانَ أَحَدُكُمْ يُصَلِّي فَلَا يَدَعْ أَحَدًا يَمُرُّ بَيْنَ يَدَيْهِ وَلْيَدْرَأْهُ مَا اسْتَطَاعَ فَإِنْ أَبَى فَلْيُقَاتِلْهُ فَإِنَّمَا هُوَ شَيْطَانٌ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ حَدَّثَنَا أَبُو خَالِدٍ عَنْ ابْنِ عَجْلَانَ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ عَنْ أَبِيهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ فَلْيُصَلِّ إِلَى سُتْرَةٍ وَلْيَدْنُ مِنْهَا ثُمَّ سَاقَ مَعْنَاهُ
598. Telah menceritakan kepada kami Al-Qa'nabi dari Malik dari Zaid bin Aslam dari Abdurrahman bin Abi Sa'id Al-Khudri dari 
Abu Sa'id Al-Khudri bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila salah seorang di antara kalian mengerjakan shalat, maka janganlah dia membiarkan orang lewat(lalu) di depannya, dan hendaklah dia mencegahnya semampunya. 

Minit 6
Jika dia menolak, maka lawanlah, sesungguhnya dia itu setan."

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al-'Ala` telah menceritakan kepada kami Abu Khalid dari Ibnu 'Ajlan dari Zaid bin Aslam dari Abdurrahman bin Abu Sa'id Al-Khudri dari Ayahnya dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila salah seorang di antara kalian (hendak) shalat, maka hendaklah dia menghadap sutrah dan mendekatlah padanya", kemudian dia melanjutkan hadits itu secara makna. 



٥٩٩ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي سُرَيْجٍ الرَّازِيُّ أَخْبَرَنَا أَبُو أَحْمَدَ الزُّبَيْرِيُّ أَخْبَرَنَا مَسَرَّةُ بْنُ مَعْبَدٍ اللَّخْمِيُّ لَقِيتُهُ بِالْكُوفَةِ قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو عُبَيْدٍ حَاجِبُ سُلَيْمَانَ قَالَ رَأَيْتُ عَطَاءَ بْنَ زَيْدٍ اللَّيْثِيَّ قَائِمًا يُصَلِّي فَذَهَبْتُ أَمُرُّ بَيْنَ يَدَيْهِ فَرَدَّنِي ثُمَّ قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو سَعِيدٍ الْخُدْرِيُّ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ اسْتَطَاعَ مِنْكُمْ أَنْ لَا يَحُولَ بَيْنَهُ وَبَيْنَ قِبْلَتِهِ أَحَدٌ فَلْيَفْعَلْ
599. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Abi Suraij Ar-Razi telah mengabarkan kepada kami Abu Ahmad Az-Zubairi telah mengabarkan kepada kami Masarrah bin Ma'bad Al-Lakhmi Saya bertemu dengannya di Kufah, dia berkata; Telah menceritakan kepadaku 
Abu Ubaid, seorang penjaga Sulaiman dia berkata; Saya pernah melihat 'Atha' bin Zaid Al Laitsi sedang berdiri shalat. Saya (pun mahu) lewat di depannya, lalu beliau mencegahku. Setelah selesai shalat dia berkata; Telah menceritakan kepadaku Abu Sa'id Al-Khudri bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa di antara kalian yang sanggup supaya seseorang tidak dapat lewat antara dia dengan kiblatnya, maka kerjakanlah."
Minit 9
-sanad ini dipertikaikan ulama'

٦٠٠ - حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ يَعْنِي ابْنَ الْمُغِيرَةِ عَنْ حُمَيْدٍ يَعْنِي ابْنَ هِلَالٍ قَالَ قَالَ أَبُو صَالِحٍ أُحَدِّثُكَ عَمَّا رَأَيْتُ مِنْ أَبِي سَعِيدٍ وَسَمِعْتُهُ مِنْهُ دَخَلَ أَبُو سَعِيدٍ عَلَى مَرْوَانَ فَقَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ إِلَى شَيْءٍ يَسْتُرُهُ مِنْ النَّاسِ فَأَرَادَ أَحَدٌ أَنْ يَجْتَازَ بَيْنَ يَدَيْهِ فَلْيَدْفَعْ فِي نَحْرِهِ فَإِنْ أَبَى فَلْيُقَاتِلْهُ فَإِنَّمَا هُوَ الشَّيْطَانُ قَالَ أَبُو دَاوُد قَالَ سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ يَمُرُّ الرَّجُلُ يَتَبَخْتَرُ بَيْنَ يَدَيَّ وَأَنَا أُصَلِّي فَأَمْنَعُهُ وَيَمُرُّ الضَّعِيفُ فَلَا أَمْنَعُهُ

600. Telah menceritakan kepada kami Musa bin Isma'il telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Al-Mughirah dari Humaid bin Hilal dia berkata; Abu Shalih berkata; Saya ceritakan kepadamu dari apa yang telah saya lihat dari Abu Sa'id dan saya dengar darinya. Abu Sa'id pernah berkunjung kepada Marwan lalu berkata; Saya telah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila salah seorang di antara kalian mengerjakan shalat dengan bersutrahkan sesuatu, lalu ada seseorang yang hendak lewat di depannya, maka cegahlah (doronglah) dadanya, apabila dia enggan, maka lawanlah, karena sesungguhnya ia itu setan." Abu Dawud berkata; Sufyan Ats-Tsauri berkata; Pernah ada seorang laki-laki lewat di depanku dengan sombong, sementara saya sedang shalat, maka saya mencegahnya. Kemudian ada orang lemah lewat di depanku, maka saya tidak mencegahnya. 


٢ -  الصلاة » ٢٥١ -  ما ينهى عنه من المرور بين يدي المصلي
2. Shalat  » 251. Apa yang dilarang dari orang yang berjalan di depan orang yang sedang shalat 

٦٠١ - حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ عَنْ مَالِكٍ عَنْ أَبِي النَّضْرِ مَوْلَى عُمَرَ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ بُسْرِ بْنِ سَعِيدٍ أَنَّ زَيْدَ بْنَ خَالِدٍ الْجُهَنِيَّ أَرْسَلَهُ إِلَى أَبِي جُهَيْمٍ يَسْأَلُهُ مَاذَا سَمِعَ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْمَارِّ بَيْنَ يَدَيْ الْمُصَلِّي فَقَالَ أَبُو جُهَيْمٍ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَوْ يَعْلَمُ الْمَارُّ بَيْنَ يَدَيْ الْمُصَلِّي مَاذَا عَلَيْهِ لَكَانَ أَنْ يَقِفَ أَرْبَعِينَ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَمُرَّ بَيْنَ يَدَيْهِ قَالَ أَبُو النَّضْرِ لَا أَدْرِي قَالَ أَرْبَعِينَ يَوْمًا أَوْ شَهْرًا أَوْ سَنَةً
601. Telah menceritakan kepada kami Al Qa'nabi dari Malik dari Abu Nadlr bekas budak Umar bin Ubaidillah dari 
Busr bin Sa'id bahwa Zaid bin Khalid Al Juhani mengirinya menemui Abu Juhaim untuk menanyakan sesuatu yang pernah dia dengar dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengenai seseorang yang lewat di depan orang yang shalat, maka Abu Juhaim berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sekiranya orang yang lewat di depan orang yang shalat mengetahui (dosa) yang akan di pikulnya, niscaya lebih baik baginya berdiri yang lamanya selama empat puluh, daripada lewat di depan orang yang shalat." Abu Nadlr (perawi hadits ini)berkata; "Aku tidak tahu apakah yang di maksud empat puluh hari atau empat puluh bulan atau empat puluh tahun."
Minit 11

-dosa lintas orang solat (lingkungan tempat sujud)adalah dosa besar
-Riwayat Ibnu Majah, 100 tahun.
- tak boleh main-main.


Tengok semula
Bab  solat mengadap kenderaan (yang berupa binatang).
-boleh jadi kambing ,unta atau himar.
- ada larangan solat dikandang unta,
- ada pula ,hadits ini ,unta sebagai sutrah jadi boleh pula.
- yang tak boleh kandang tempat yang kotor.ini diluar boleh.
- maksud takut terkena kotorannya.
- jika sudah tahu upbinatang yang baru lepas berak maka boleh.
- sutrah itu perlu supaya tidak menyusahkan orang lain.
- selain kotor , unta boleh mengigit kita.
-ada yang kata hanya  dalam keadaan darurat sahaja.


Bab kalu sesaorang solat mengadap  kearah kiblat atau mengadap sariyah atau tiang atau seumpamanya, dimanakah kedudukan itu daripada perdiriannya.

594. Telah menceritakan kepada kami Mahmud bin Khalid Ad-Dimasyqi telah menceritakan kepada kami Ali bin 'Ayyasy telah menceritakan kepada kami Abu Ubaidah Al-Walid bin Kamil dari Al-Muhallab bin Hujr Al-Bahrani dari Dluba'ah binti Al-Miqdad bin Al-Aswad dari 
Ayahnya(miqdad) dia berkata; Saya tidak pernah melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam shalat menghadap kayu, tiang, dan tidak pula pohon, kecuali beliau menjadikannya di depan sebelah kanannya atau kirinya, dan beliau tidak(betul-betul) menghadapnya. 
-hadits ni dhaif sebab perawi Al-Walid bin Kamil.
- Nasaei kata siqah
- Tidak terbukti adalah
- jadi khilaf.
-Al-Muhallab bin Hujr Al-Bahrani, tidak diketahui keadaannya.
-Duba'ah binti Al-Miqdad bin Al-Aswad tak dikenali
-3 orang bermasalah, jadi hadits tidak sahih dan tidak boleh dibuat hujjah.
- tetapi bukan pula tidak boleh itu haram, haduts ini tidak dapat menentukan hukum, mengadappun tak mengapa.
Kalu tidak pun,setiap orang solat boleh jadi hadap dinding atau lain2 sebab kita disuruh hadap kearah kiblat.
Minit 24.
Itu hanyalah sebagai sutrah.
Kita sendiri sudah tak keliru menjadikannya sutrah bukan tuhan .

Bab mengadap kearah orang yang sedang berbual-bual dan orang-orang yang tidur.
-jika jauh atau tidak dengan sengaja.
1.yang tidur ,
2. sama2 solat tidur
3. Tidur seperti jenazah.
- yang kata tak boleh  pun ,pakai hadits ini
595. Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Maslamah Al-Qa'nabi telah menceritakan kepada kami Abdul Malik bin Muhammad bin Aiman dari Abdullah bin Ya'qub bin Ishaq dari orang yang telah menceritakan kepadanya dari 
Muhammad bin Ka'ab Al-Qurazhi dia berkata; Saya katakan kepada Umar bin Abdul Aziz bahwa Abdullah bin Abbas telah menceritakan kepadaku, bahwasanya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Janganlah kalian shalat di belakang orang yang sedang tidur atau orang yang sedang bercakap atau berbual "
-perawi majhul, Abdul Malik bin Muhammad bin Aiman
- kedua perawi majhul, Abdullah bin Ya'qub bin Ishaq
- perawi ketiga, Muhammad bin Ka'ab Al-Qurazhi.
-Hisham pun matruk juga.
- yang kata dhaif itu sanad nya bukan isinya.
-ada hadits sahih dimana Aisyah tidur ketika Nabi saw solat.
-jika isinya bercanggah dengan hadits sahih, dipanggil mungkar.
-tapi bukan pula  bukan sengaja panggil bini macam jenazah bila nak solat , cuma bila isteri sedang tidur tak payah kejutkan agar dia tidur ditempat lain.
- makruh (kata Ahmad dan Syafie) tu bukan kerana tidur itu sendiri tetapi jika dibimbangi ada sebab2 lain yang akan menganggu orang yang solat.
-jika kata ada dalam abu daud maka terus sahih, itu tanda tak belajar .
Kena tengok dulu, bagaimana ia disebutkan.
Minit 41

Ini bab berada hampir dengan penghadang atau sutrah atau bab menghampiri sutrah.
-jangan duk jauh dari sutrah bila telah ada sutrah
- jika duk jauh akan menyusahkan juga orang lain.
- hadits ini tidak putus (marfuk)

596. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ash-Shabbah bin Sufyan telah mengabarkan kepada kami Sufyan -dari jalur lain- Dan telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abi Syaibah dan Hamid bin Yahya dan Ibnu As-Sarj mereka berkata; Telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Shafwan bin Sulaim dari Nafi' bin Jubair dari Sahl bin Abi Hatsmah yang menyampaikan(memarfukan) haditsnya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Apabila salah seorang di antara kalian shalat dengan sutrah, hendaklah dia mendekat (hampir kepada sutrah)darinya hingga setan tidak dapat memutus shalatnya." 
Abu Dawud berkata; Hadits ini diriwayatkan oleh Waqid bin Muhammad dari Shafwan dari Muhammad bin Sahl dari Ayahnya atau dari Muhammad bin Sahl dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, sebagian mereka(ulama') berkata dari Nafi' bin Jubair dari Sahl bin Sa'ad dan sanadnya diperselisihkan(ulama' berselisih pendapat tentang isanadnya)
-orang pun boleh jadi syaitan juga.
- yang tak  belajar tidak akan faham juga walaupun ada sutrah.
Minit 45
Minit 54
-sesiapa yang solat jauh dari sutrah seolah-olah jauh dari sutrah.
- cerita Mullahalyulqori, tawaf masuk dalam hijr.


Bab perintah kepada orang yang sedang solat daripada sesaorang  melalui dihadapannya.

598. Telah menceritakan kepada kami Al-Qa'nabi dari Malik dari Zaid bin Aslam dari Abdurrahman bin Abi Sa'id Al-Khudri dari 
Abu Sa'id Al-Khudri bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila salah seorang di antara kalian mengerjakan shalat, maka janganlah dia membiarkan orang lewat(lalu) di depannya, dan hendaklah dia mencegahnya semampunya. 
-jangan sampai bergocah.
-makna فَلْيُقَاتِلْهُ
-ada kata hadits ini  khilaf sebab ada kata hadits ini telah mansukh dan ada yang kata tidak.
-makna ia adalah syaitan
-bermaksud memang syaitan.
- juga boleh bermaksud ada sifat syaitan yang melanggar perintah.
- sebenarnya yang mendorong itu adalah syaitan.
- atau betul2 seperti syaitan.
- sekat hingga terjadi apa-apa. Macam mana?
- bagi ulama' Syafie, tiada ganti rugi
-jangan sekat sehingga patah gigi ,bg imam Malik.kena bayar
1jam 04 minit
-suruh halang bukan sampai bunuh.
- bg Hanafi,jika terbunuh, tidak balas balik cuma bayar diat shj.
- sekat hanya dengan tangan, ulama' ijmak tak boleh guna senjata.Sebab ini bukan kes perang. فَلْيُقَاتِلْهُ bermakna halang.bila sekat, p la ikut lain.
1jam 7 minit
- sutrah supaya tidak menyusahkan orang yang nak lalu tempat orang solat.
-solat adalah kesibukkan yang besar.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan