Khamis, Mac 10, 2022

Sahih bukhari kitab jumaat sesi 06

Sahih bukhari kitab jumaat sesi 06

١١ -  الجمعة » ٥٧٧ -  رفع اليدين في الخطبة
11. Jum'at » 576. Mengangkat Kedua Tangan Ketika Berkhutbah

باب رَفْعِ الْيَدَيْنِ فِي الْخُطْبَةِ: 
Bab mengangkat dua tangan ketika khutbah

٨٨٠ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ صُهَيْبٍ عَنْ أَنَسٍ وَعَنْ يُونُسَ عَنْ ثَابِتٍ عَنْ أَنَسٍ قَالَ بَيْنَمَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ إِذْ قَامَ رَجُلٌ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ هَلَكَ الْكُرَاعُ وَهَلَكَ الشَّاءُ فَادْعُ اللَّهَ أَنْ يَسْقِيَنَا فَمَدَّ يَدَيْهِ وَدَعَا
880. Telah menceritakan kepada kami Musaddad berkata, telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid dari 'Abdul 'Aziz bin Shuhaib dari 
Anas dan dari Yunus dari Tsabit dari Anas berkata, "Ketika Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sedang menyampaikan khutbah pada hari Jum'at, tiba-tiba ada seorang laki-laki berdiri dan berkata, "Wahai Rasulullah, telah binasa binatang ternak (unta) dan telah binasa kehidupan (telah menjadi sulit), maka berdo'alah kepada Allah agar menurunkan air untuk kami." Rasulullah lalu menengadahkan kedua telapak tangan dan berdo'a."

١١ -  الجمعة » ٥٧٨ -  الاستسقاء في الخطبة يوم الجمعة
11. Jum'at » 578. Bab istisqaq dalam khutbah pada hari Jumaat

باب الاِسْتِسْقَاءِ فِي الْخُطْبَةِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ: 
Bab istisqaq dalam khutbah pada hari Jumaat.

٨٨١ - حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ الْمُنْذِرِ قَالَ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو عَمْرٍو الْأَوْزَاعِيُّ قَالَ حَدَّثَنِي إِسْحَاقُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي طَلْحَةَ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ أَصَابَتْ النَّاسَ سَنَةٌ عَلَى عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَبَيْنَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ فِي يَوْمِ جُمُعَةٍ قَامَ أَعْرَابِيٌّ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ هَلَكَ الْمَالُ وَجَاعَ الْعِيَالُ فَادْعُ اللَّهَ لَنَا فَرَفَعَ يَدَيْهِ وَمَا نَرَى فِي السَّمَاءِ قَزَعَةً فَوَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ مَا وَضَعَهَا حَتَّى ثَارَ السَّحَابُ أَمْثَالَ الْجِبَالِ ثُمَّ لَمْ يَنْزِلْ عَنْ مِنْبَرِهِ حَتَّى رَأَيْتُ الْمَطَرَ يَتَحَادَرُ عَلَى لِحْيَتِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَمُطِرْنَا يَوْمَنَا ذَلِكَ وَمِنْ الْغَدِ وَبَعْدَ الْغَدِ وَالَّذِي يَلِيهِ حَتَّى الْجُمُعَةِ الْأُخْرَى وَقَامَ ذَلِكَ الْأَعْرَابِيُّ أَوْ قَالَ غَيْرُهُ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ تَهَدَّمَ الْبِنَاءُ وَغَرِقَ الْمَالُ فَادْعُ اللَّهَ لَنَا فَرَفَعَ يَدَيْهِ فَقَالَ اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا فَمَا يُشِيرُ بِيَدِهِ إِلَى نَاحِيَةٍ مِنْ السَّحَابِ إِلَّا انْفَرَجَتْ وَصَارَتْ الْمَدِينَةُ مِثْلَ الْجَوْبَةِ وَسَالَ الْوَادِي قَنَاةُ شَهْرًا وَلَمْ يَجِئْ أَحَدٌ مِنْ نَاحِيَةٍ إِلَّا حَدَّثَ بِالْجَوْدِ
881. Telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Al Mundzir berkata, telah menceritakan kepada kami Al Walid bin Muslim berkata, telah menceritakan kepada kami Abu 'Amru Al Auza'i berkata, telah menceritakan kepadaku Ishaq bin 'Abdullah bin Abu Thalhah dari 
Anas bin Malik berkata, "Pada masa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam manusia tertimpa paceklik(kemarau). Ketika Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sedang memberikan khutbah pada hari Jum'at, tiba-tiba ada seorang Arab badui berdiri dan berkata, "Wahai Rasulullah, harta benda telah binasa dan telah terjadi kelaparan(anak pinak), maka berdo'alah kepada Allah untuk kami." Beliau lalu mengangkat kedua telapak tangan berdoa, dan saat itu kami tidak melihat sedikitpun ada awan di langit. Namun demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh beliau tidak menurunkan kedua tangannya kecuali gumpalan awan telah datang membumbung tinggi laksana pegunungan(seperti bukit) . Dan beliau belum turun dari mimbar hingga akhirnya aku melihat hujan turun membasahi jenggot beliau shallallahu 'alaihi wasallam. Maka pada hari itu, keesokan harinya dan lusa kami terus-terusan mendapatkan guyuran hujan dan hari-hari berikutnya hingga hari Jum'at berikutnya. Pada Jum'at berikut itulah orang Arab badui tersebut, atau orang yang lain berdiri seraya berkata, "Wahai Rasulullah, banyak bangunan yang roboh, harta benda tenggelam dan hanyut, maka berdo'alah kepada Allah untuk kami." Beliau lalu mengangkat kedua telapak tangannya dan berdoa: 'ALLAHUMMA HAWAALAINAA WA LAA 'ALAINAA (Ya Allah, turunkanlah hujan di sekeliling kami dan jangan (menimpa kami) sampai menimbulkan kerusakan kepada kami) '. Belum lagi beliau memberikan isyarat dengan tangannya kepada gumpalan awan, melainkan awan tersebut hilang(berselerak awan itu) seketika. Saat itu kota Madinah menjadi seperti danau dan aliran-aliran air, Madinah juga tidak mendapatkan sinar matahari selama satu bulan. Dan tidak seorang pun yang datang dari segala pelosok kota kecuali akan menceritakan tentang terjadinya hujan yang lebat tersebut."
Minit 4
باب رَفْعِ الْيَدَيْنِ فِي الْخُطْبَةِ: 
Bab mengangkat dua tangan ketika khutbah

- bukan menafikan perintah duduk dengan tenang dalam khutbah.
-pergerakan setakat ini masih boleh .
-angkat tangan tidak berlebih2an  tidak mengapa walaupun tidak berapa eluk.


باب الاِسْتِسْقَاءِ فِي الْخُطْبَةِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ: 
Bab istisqaq dalam khutbah pada hari Jumaat.
-ada 3 bentuk istiqaq:
1. Dalam khutbah pada hari Jumaat.
2. Selepas solat 5 waktu.
3.Keluar beramai-ramai.
-Abu Hanifah kata, lebih condong kepada istighafar.
- Ini Nabi minta hujan dengan berdoa.

١١ -  الجمعة » ٥٧٩ -  الإنصات يوم الجمعة والإمام يخطب وإذا قال لصاحبه أنصت
11. Jum'at » 578. Diam Pada Hari Jum'at Saat Imam Sedang Berkhuthbah dan Apabila Ada Seseorang Berkata Kepada Temannya; "Diamlah"


باب الإِنْصَاتِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَالإِمَامُ يَخْطُبُ: 
وَإِذَا قَالَ لِصَاحِبِهِ أَنْصِتْ. فَقَدْ لَغَا. 
وَقَالَ سَلْمَانُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُنْصِتُ إِذَا تَكَلَّمَ الإِمَامُ. 
Bab diam pada hari jumaat ketika imam sedang berkhutbah.
Dan bila sesaorang itu berkata kepada kawannya  atau sesiapa disebelahnya diam, dia sudah lara atau sudah larang perintah diam.
Berkata Salman  yang meriwayatkan daripada Nabi saw dia kena  diam   bila imam bercakap.

٨٨٢ - حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ قَالَ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ أَخْبَرَنِي سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَنْصِتْ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ

882. Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Bukair berkata, telah menceritakan kepada kami Al Laits dari 'Uqail dari Ibnu Syihab berkata, telah menceritakan kepadaku Sa'id bin Al Musayyab bahwa 
Abu Hurairah mengabarkan kepadanya, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jika kamu berkata kepada temanmu pada hari Jum'at 'diamlah', padahal Imam sedang memberikan khutbah maka sungguh kamu sudah berbuat sia-sia (tidak mendapat pahala)."

-apa maksud IB buat tajuk ini?
- bab باب الاِسْتِمَاعِ إِلَى الْخُطْبَةِ minit18
- cakap yang tidak berfaedah itu yang dikatakan lara.
- diam disemua tempat dan keadaan.
- bercakap menyebabkan menganggu pendengaran khutbah.
- kenapa solat boleh?
- begitu juga bercakap tidak sampai kepada haram tetapi makruh.
- tetapi jika terima tak boleh solat sunat bermakna juga tidak boleh bercakap  .

١١ -  الجمعة » ٥٨٠ -  الساعة التي في يوم الجمعة
Ini bab menyatakan waktu hari Jumaat.

باب السَّاعَةِ الَّتِي فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ: 
Bab menyatakan waktu istimewa yang ada  hari Jumaat.

٨٨٣ - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَكَرَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَقَالَ فِيهِ سَاعَةٌ لَا يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا
883. Telah menceritakan kepada kami 'Abdullah bin Maslamah dari Malik dari Abu Az Zinad dari Al A'raj dari 
Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam membicarakan perihal hari Jum'at. Beliau mengatakan: "Pada hari Jum'at itu ada satu saat, tidaklah seorang hamba Muslim mengerjakan shalat lalu dia berdo'a tepat pada saat tersebut melainkan Allah akan mengabulkan do'anya tersebut." Kemudian beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya saat tersebut."

- saat yang makbul pada hari Jumaat.
- ini kelebihan hari Jumaat disebut lagi.
- ada byk pendapat ulamak sehingga sampai 5
40 dan 50 pendapat.
- belas2 shj yang lebih kuat.
- dan 2 shj:
1. Ketika imam duk atas mimbar sehingga selesai solat.
2. Dari asar sampai magrib.
-ketika solat
>>Muslim mengerjakan shalat lalu dia berdo'a  saat tersebut melainkan Allah akan mengabulkan do'anya tersebut."..kuat

-masa yang tepat tiada siapa tahu. Maksud nya kita perlu  beribadat dan ingat serta  berdoa  atau minta banyak2 dari Allah.
- jangan tinggalkan  jumaat supaya dapat.



١١ -  الجمعة » ٥٨١ -  إذا نفر الناس عن الإمام في صلاة الجمعة فصلاة الإمام
11. Jum'at » 581. Jika manusia berhamburan keluar meninggalkan Imam maka shalatnya imam dengan jamaah yang tersisa dibolehkan.

باب إِذَا نَفَرَ النَّاسُ عَنِ الإِمَامِ فِي صَلاَةِ الْجُمُعَةِ فَصَلاَةُ الإِمَامِ وَمَنْ بَقِيَ جَائِزَةٌ: 
Bab orangramai lari  yakni meninggalkan imam  dalam solat Jumaat  maka solat imam  dan orang yang tinggal dengannya sah atau harus.

٨٨٤ - حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ عَمْرٍو قَالَ حَدَّثَنَا زَائِدَةُ عَنْ حُصَيْنٍ عَنْ سَالِمِ بْنِ أَبِي الْجَعْدِ قَالَ حَدَّثَنَا جَابِرُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ بَيْنَمَا نَحْنُ نُصَلِّي مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذْ أَقْبَلَتْ عِيرٌ تَحْمِلُ طَعَامًا فَالْتَفَتُوا إِلَيْهَا حَتَّى مَا بَقِيَ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَّا اثْنَا عَشَرَ رَجُلًا فَنَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ { وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا انْفَضُّوا إِلَيْهَا وَتَرَكُوكَ قَائِمًا }
884. Telah menceritakan kepada kami Mu'awiyah bin 'Amru berkata, telah menceritakan kepada kami Za'idah dari Hushain dari Salim bin Abu Al Ja'd berkata, telah menceritakan kepada kami 
Jabir bin 'Abdullah berkata, 
"Ketika kami sedang shalat bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tiba-tiba datang rombongan dagang yang membawa makanan. Orang-orang pun melirik (dan berhamburan pergi) mendatangi rombongan tersebut, hingga tidak ada orang yang tersisa bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam kecuali hanya dua belas(12) orang. Maka turunlah ayat ini: '(Dan apabila mereka melihat perdagangan atau permainan, maka mereka bubar untuk menuju kepadanya dan mereka meninggalkan kamu ketika kamu sedang berdiri menyampaikan berkhutbah) ' (Qs. Al Jumu'ah: 12).

- ini perlu diberi lebih perhatian.
- ijtihat bukhari ada dalam tajuk bab.
-apa maksud tajuk ini
باب إِذَا نَفَرَ النَّاسُ عَنِ الإِمَامِ فِي صَلاَةِ الْجُمُعَةِ فَصَلاَةُ الإِمَامِ وَمَنْ بَقِيَ جَائِزَةٌ: 
Bab orangramai lari  yakni meninggalkan imam  dalam solat Jumaat  maka solat imam  dan orang yang tinggal dengannya sah atau harus.
- isyarat dari IB tentang khilaf ulamak.
-hadits, Ketika kami sedang shalat bersama yakni ketika Nabi saw sedang berkhutbah.
- ayat قَائِمًا juga sedang berkhutbah..
- dengan khutbah sama dengan solat .
- kata نُصَلِّي padahal ini ketika sedang khutbah.
- jika bilangan diambil kira ,maka ketika khutbah sama  perlu bilangan maka tak sahlah solat tetapi IB kata sah.
- tarjamatul bab adalah IB sudah diistimbat.
Minit 41
-kedua, bilangan yang sah Jumaat  berapa orang?
-ijtihah IB...
Syafie ..40 orang yang bermastautin.
-Ada yang kata 1 orang pun kena solat Jumaat, zohor tiada.
- ada kata paling tidak kena berjemaah. Paling kurang 2 orang untuk jemaah..
- ada yang berpendapat 3 orang. Murid Abu Hanifah.
-Pendapat Abu Hanifah pula 4 orang dan kena qariah jamiah dimana ada tanda2 tamadun. Kampung tak boleh bgnya.
- Imam Malik pula 12 orang +1 imam.
Minit 49
- IB sama sebab dia buat tajuk ini.
- syarat dari nabi saw tiada..
- jika 40 orang tinggal 12 jadi tak sah la.
Minit 52
- imam Ahmad 50 orang tak kira dimanapun.
- jumaat diferdukan bila ?
-kesimpulan diferdu di Madinah.
- ada yang kata di Mekah lagi.
- jika selepas ke Madinah  bgmn solat yang dulu?
- orang Janafi kenapa Nabi saw tak buat Jumaat di Quba' padahal telah diferdukan dan bilangan pun orang ramai. Ini sebab itu bukan bandar.
- bilangan 40 tak jelas.
Minit 59
843. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna berkata, telah menceritakan kepada kami Abu 'Amir Al 'Aqadi berkata, telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Thahman dari Abu Jamrah Adl Dhuba'i dari Ibnu 'Abbas bahwa dia berkata, "Sesungguhnya (shalat) Jum'at yang pertama kali dilaksanakan setelah (shalat) Jum'at) di Masjid Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah di Masjid 'Abdul Qais di kampung Juwatsa, negeri Bahrain
-masa agak lama tu, di Juwatsa  tahun 7 atau 8 hijrah.
- Qariah dalam quran Az-Zukhruf 43:31
وَقَالُوا۟ لَوْلَا نُزِّلَ هَٰذَا ٱلْقُرْءَانُ عَلَىٰ رَجُلٍ مِّنَ ٱلْقَرْيَتَيْنِ عَظِيمٍ 
Dan mereka (juga) berkata, “Mengapa Al-Qur'an ini tidak diturunkan kepada orang besar (kaya dan berpengaruh) dari salah satu dua negeri ini (Mekah dan Taif)?”
-Taif kampung kah?
-Qariah bukan bermakna kampung.
-Al-Jumu'ah 62:9
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا نُودِىَ لِلصَّلَوٰةِ مِن يَوْمِ ٱلْجُمُعَةِ فَٱسْعَوْا۟ إِلَىٰ ذِكْرِ ٱللَّهِ وَذَرُوا۟ ٱلْبَيْعَۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ 
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan shalat pada hari Jum‘at, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
-jualbeli ada ke dikampung?
-ini jual secara besar2an.
- kenapa sahabat bergilir-gilir?
Ini mereka tidak wajib.
- tak buat jumaat , buat zohor.
- munasabah sahabat tinggal jumaat jika wajib?
- perlu diperhati, kenapa bergilir?
- syarat qariah jamiah, wajib jumaat.
- mazhab Hanafi lebih kuat dalam masalah ini!
1jam 10 minit.
- orang syiah kritik...pakai zahir ...mementingkan dunia...
- khutbah jumaat selepas solat jumaat  pada awalnya..
- sahabat tak tahu khutbah tidak seberat itu. Dan ini sebelum mereka tahu dan kemudian mereka sudah tidak ulangi lagi.
- tengok juga kejayaan Nabi mendidik mereka.


١١ -  الجمعة » ٥٨٢ -  الصلاة بعد الجمعة وقبلها
11. Jum'at » 582. Shalat Sunnah Sesudah Shalat Jum'at dan Sebelumnya

باب الصَّلاَةِ بَعْدَ الْجُمُعَةِ وَقَبْلَهَا: 
Bab solat selepas Jumaat dan sebelumnya.

٨٨٥ - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي قَبْلَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ وَبَعْدَهَا رَكْعَتَيْنِ وَبَعْدَ الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ فِي بَيْتِهِ وَبَعْدَ الْعِشَاءِ رَكْعَتَيْنِ وَكَانَ لَا يُصَلِّي بَعْدَ الْجُمُعَةِ حَتَّى يَنْصَرِفَ فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ
885. Telah menceritakan kepada kami 'Abdullah bin Yusuf berkata, telah mengabarkan kepada kami Malik dari Nafi' dari 
'Abdullah bin 'Umar, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam biasa melaksanakan dua rakaat sebelum zhuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua rakaat setelah Maghrib di rumahnya, dan dua rakaat sesudah Isya. Dan beliau tidak mengerjakan shalat setelah Jum'at hingga beliau pulang, lalu shalat dua rakaat."
-ini perkara perlu perbahasan juga sebab khilaf besar.
-hadits 885:dua rakaat sebelum zhuhur...shalat setelah Jum'at hingga beliau pulang, lalu shalat dua rakaat."
- bukan sebelum Jumaat dan balik kerumah
- Hafiz Ibnu Hajar:  dalil solat sunat sebelum Jumaat adalah qias..
-hadits ada tetapi tidak menepati syarat IB.
- bukhari buat باب الصَّلاَةِ بَعْدَ الْجُمُعَةِ وَقَبْلَهَا: 
Bab solat selepas Jumaat dan sebelumnya.
- tertukar?
- tidak! Ini menunjukan  tiada sebelum. Tengok hadits yang dibawa..tiada yang menepati syaratnya , tak mungkin dia tak tahu hadits yang banyak solat sebelum jumaat..
Tetapi tidak setaraf dengan hadits2nya
Minit1jam 24 minit

١١ -  الجمعة » ٥٨٣ -  قول الله تعالى فإذا قضيت الصلاة فانتشروا في الأرض وابتغوا
11. Jum'at » 583. Firman Allah "Dan apabila shalat telah selesai ditunaikan, maka bertebaranlah kalian di muka bumi dan carilah karunia Allah…"

باب قَوْلِ اللَّهِ تَعَالَى: {فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلاَةُ فَانْتَشِرُوا فِي الأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ}: 
Bab firman Allah 
Apabila shalat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah

-apa maksud IB?
- berdosa kalu tak buat jualbeli?
-sahabat2 pergi makan!
- ada sahabat balik tidur.
- usul selepas larang , hukumnya harus...tadi larang jual beli dan ini suruh jual beli..hukumnya harus.
-amalan sahabat sebaik2 tafsiran alquran.
- setengah negeri, Pakistan,Arab Saudi, Turki..tiada perhubungan langsung degan wanita dan suara aurat...ini tak kena..
- batas2 yang tidak menimbulkan fitnah.
- bebas atau tertutup sangat akan menyeleweng atau bermasalah..
Minit 1jam 35 minit

Al-Jumu'ah 62:10
فَإِذَا قُضِيَتِ ٱلصَّلَوٰةُ فَٱنتَشِرُوا۟ فِى ٱلْأَرْضِ وَٱبْتَغُوا۟ مِن فَضْلِ ٱللَّهِ وَٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ كَثِيرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ 
Apabila shalat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung.

٨٨٦ - حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ أَبِي مَرْيَمَ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو غَسَّانَ قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو حَازِمٍ عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ كَانَتْ فِينَا امْرَأَةٌ تَجْعَلُ عَلَى أَرْبِعَاءَ فِي مَزْرَعَةٍ لَهَا سِلْقًا فَكَانَتْ إِذَا كَانَ يَوْمُ جُمُعَةٍ تَنْزِعُ أُصُولَ السِّلْقِ فَتَجْعَلُهُ فِي قِدْرٍ ثُمَّ تَجْعَلُ عَلَيْهِ قَبْضَةً مِنْ شَعِيرٍ تَطْحَنُهَا فَتَكُونُ أُصُولُ السِّلْقِ عَرْقَهُ وَكُنَّا نَنْصَرِفُ مِنْ صَلَاةِ الْجُمُعَةِ فَنُسَلِّمُ عَلَيْهَا فَتُقَرِّبُ ذَلِكَ الطَّعَامَ إِلَيْنَا فَنَلْعَقُهُ وَكُنَّا نَتَمَنَّى يَوْمَ الْجُمُعَةِ لِطَعَامِهَا ذَلِكَ
886. Telah menceritakan kepada kami Sa'id bin Abu Maryam berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Ghassan berkata, telah menceritakan kepadaku Abu Hazim dari 
Sahl bin Sa'd berkata, "Di tempat kami ada seorang wanita yang menanam ubi di sela-sela selokan kebunnya. Jika hari Jum'at tiba, dia mencabut pohon ubinya lalu direbusnya dalam periuk yang dicampur dengan segenggam gandum. Rebusan ubi dijadikan sebagai makanan pengganti sepotong daging. Setelah kami selesai melaksanakan shalat Jum'at, kami datang ke rumah wanita itu. Kami masuk mengucapkan salam lalu dia menyuguhkan makanan ubinya itu kepada kami, maka kami pun memakannya. Kami selalu mengharapkan kehadiran hari Jum'at karena ada makanan yang disuguhkannya itu."

٨٨٧ - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي حَازِمٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ سَهْلٍ بِهَذَا وَقَالَ مَا كُنَّا نَقِيلُ وَلَا نَتَغَدَّى إِلَّا بَعْدَ الْجُمُعَةِ
887. Telah menceritakan kepada kami 'Abdullah bin Maslamah berkata, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Hazim dari Bapaknya dari Sahl dengan riwayat seperti di atas, lalu dia berkata, "Kami tidaklah beristirahat siang maupun makan siang kecuali setelah shalat Jum'at."
- ini nak beritahu cepatnya waktu Jumaat.

١١ -  الجمعة » ٥٨٤ -  القائلة بعد الجمعة
11. Jum'at » 584. Tidur Siang (Qailulah) Setelah Shalat Jum'at
باب الْقَائِلَةِ بَعْدَ الْجُمُعَةِ: 
Bab tidur tengahari selepas Jumaat.
-ada hubungan buat selepas Jumaat , jika tidak biasanya tidur dulu sebelum solat sebab waktu jumaat awal.
- tutup bab ada isyarat habis bab dan isyarat kepada mati.
Tidur saudara bagi mati.

٨٨٨ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُقْبَةَ الشَّيْبَانِيُّ الْكُوفِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو إِسْحَاقَ الْفَزَارِيُّ عَنْ حُمَيْدٍ قَالَ سَمِعْتُ أَنَسًا يَقُولُ كُنَّا نُبَكِّرُ إِلَى الْجُمُعَةِ ثُمَّ نَقِيلُ

888. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin 'Uqbah 'Asy Syaibani Al Kufi berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Ishaq Al Fazari dari Humaid berkata, Aku mendengar Anas berkata, "Kami lebih awal mendatangi shalat Jum'at lalu beristirahat siang (qailulah) setelahnya."

٨٨٩ - حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ أَبِي مَرْيَمَ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو غَسَّانَ قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو حَازِمٍ عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ كُنَّا نُصَلِّي مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْجُمُعَةَ ثُمَّ تَكُونُ الْقَائِلَةُ
889. Telah menceritakan kepada kami Sa'id bin Abu Maryam berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Ghassan berkata, telah menceritakan kepadaku Abu Hazim dari Sahl bin Sa'd berkata, "Kami shalat Jum'at bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam kemudian kami beristirahat siang (qailulah) setelahnya."















Tiada ulasan:

Catat Ulasan