Isnin, April 09, 2018

Sahih bukhari kitab wuduk sesi 12

Sesi 12

Sesi 12

Bab 34
Bab tak perlu berwuduk kecuali keluar sesuatu dari qabul dan dubur.

Jika ketawa cuma perlu mengulangi solat.
Tak perlu ulang wuduk ,ini pendapat imam bukhari.
Abu hanifa batal wuduk jika ketawa.(kah2)

Sentuh lelakiperempuan=setubuh=aulamastumunisa,
hadas besar dan selepas datang tempat buang air ,perlu ambil wuduk  dan mandi wajib

Jika keluar najis melalui jln lain tidak batal wuduk.

Darah tidak membatalkan wuduk.
Yg membatal wuduk adalah najis.

Sentuh dgn tangan tak batal
Sentuh lelaki perempuan tidak batal
Kentut (bunyi dan bau)membatalkan wuduk.

🍒
Bab 34

باب مَنْ لَمْ يَرَ الْوُضُوءَ إِلاَّ مِنَ الْمَخْرَجَيْنِ، مِنَ الْقُبُلِ وَالدُّبُرِ:
Mereka yang berpendapat bahwa wudlu' tidak batal selain dari apa yang keluar dari dua jalan, melalui qubul (kemaluan) atau dubur

وَقَوْلِ اللَّهِ تَعَالَى:
Kerana firman allah taala

{أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ} وَقَالَ عَطَاءٌ فِيمَنْ يَخْرُجُ مِنْ دُبُرِهِ الدُّودُ أَوْ مِنْ ذَكَرِهِ نَحْوُ الْقَمْلَةِ يُعِيدُ الْوُضُوءَ.
Atau sesaorang kamu dtg dr tempat membuang air.atoq berkata berhubung dgn orang yg keluar dari qubulnya ulat atau dr zakarnya seumpama kutu dia perlu kembali berwuduk

وَقَالَ جَابِرُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ إِذَا ضَحِكَ فِي الصَّلاَةِ أَعَادَ الصَّلاَةَ، وَلَمْ يُعِدِ الْوُضُوءَ.
Jabir bin Abdillah berkata,kalau sesaorang itu ketawa ketika bersolat dia perlu mengulangi solatnya tidak wuduknya

وَقَالَ الْحَسَنُ إِنْ أَخَذَ مِنْ شَعَرِهِ وَأَظْفَارِهِ أَوْ خَلَعَ خُفَّيْهِ فَلاَ وُضُوءَ عَلَيْهِ.
Hasan berkata jika sesorang mengambil sebahagian dari rambutnya dgn mengunting atau mencukur atau kukunya dia mencabut khufnya dia tak perlu berwuduk

وَقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ لاَ وُضُوءَ إِلاَّ مِنْ حَدَثٍ.
Abu Hurairah berkata tak perlu berwuduk kecuali kerana hadas

وَيُذْكَرُ عَنْ جَابِرٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ فِي غَزْوَةِ ذَاتِ الرِّقَاعِ فَرُمِيَ رَجُلٌ بِسَهْمٍ،
Diriwayatkan daripada jabir bahawa ketika nabi saw  dlm perangan  zaturiqaq pernah berlaku seorang lelaki dipanah musuh
فَنَزَفَهُ الدَّمُ فَرَكَعَ وَسَجَدَ،
Ketika dia sedang bersolat dan anak panah itu menyebabkan darah terkeluar banyak dari tubuhnya,dia tetap rukuk
وَمَضَى فِي صَلاَتِهِ.
Dan meneruskan solatnya.

وَقَالَ الْحَسَنُ مَا زَالَ الْمُسْلِمُونَ يُصَلُّونَ فِي جِرَاحَاتِهِمْ.
Dan  Hasan menjelaskan orang2 islam bersolat dgn luka mereka

وَقَالَ طَاوُسٌ وَمُحَمَّدُ بْنُ عَلِيٍّ وَعَطَاءٌ وَأَهْلُ الْحِجَازِ لَيْسَ فِي الدَّمِ وُضُوءٌ.
Towus dan Muhamad bin ali dan atoq dan ahli hijaz berpendapat tidak perlu berwuduk kerana keluar darah

وَعَصَرَ ابْنُ عُمَرَ بَثْرَةً فَخَرَجَ مِنْهَا الدَّمُ،
Ibnu umar memicit bisulnya lalu keluar darah
وَلَمْ يَتَوَضَّأْ.
Dan tidak berwuduk kerananya
وَبَزَقَ ابْنُ أَبِي أَوْفَى دَمًا فَمَضَى فِي صَلاَتِهِ.
Ibnu abi aufa,dia meludahkan darah namun dia meneruskan solatnya
وَقَالَ ابْنُ عُمَرَ وَالْحَسَنُ فِيمَنْ يَحْتَجِمُ لَيْسَ عَلَيْهِ إِلاَّ غَسْلُ مَحَاجِمِهِ.
Ibnu umar dan hasan berkata tentang orang yg berbekam tidak membasah selain dari tempat2 berbekam itu.

«176» حَدَّثَنَا آدَمُ بْنُ أَبِي إِيَاسٍ قَالَ: حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ((لاَ يَزَالُ الْعَبْدُ فِي صَلاَةٍ مَا كَانَ فِي الْمَسْجِدِ يَنْتَظِرُ الصَّلاَةَ، مَا لَمْ يُحْدِثْ)). فَقَالَ رَجُلٌ أَعْجَمِيٌّ مَا الْحَدَثُ يَا أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ الصَّوْتُ. يَعْنِي الضَّرْطَةَ.
[أطرافه 445، 477، 647، 648، 659، 2119، 3229، 4717، تحفة 13026].
Telah menceritakan kepada kami Adam bin Abu Iyas berkata, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Dzi'b telah menceritakan kepada kami Sa'id Al Maqburi dari Abu Hurairah berkata,

"Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Seorang hamba akan selalu dihitung shalat selama ia di masjid menunggu shalat dan tidak berhadats."

Lalu ada seorang laki-laki non-Arab berkata, "Apa yang dimaksud dengan hadats wahai Abu Hurairah?" Abu Hurairah menjawab, "Suara." Yaitu kentut

«177» حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ قَالَ: حَدَّثَنَا ابْنُ عُيَيْنَةَ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ عَبَّادِ بْنِ تَمِيمٍ عَنْ عَمِّهِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ((لاَ يَنْصَرِفْ حَتَّى يَسْمَعَ صَوْتًا أَوْ يَجِدَ رِيحًا)).
[طرفاه 137، 2056، تحفة 5299].

Telah menceritakan kepada kami Abu Al Walid berkata, telah menceritakan kepada kami Sufyan bin 'Uyainah dari Az Zuhri dari

'Abbad bin Tamim dari Pamannya dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Janganlah kamu pergi hingga engkau mendengar suara atau mencium bau dr kentutnya."

«178» حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ قَالَ: حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنِ الأَعْمَشِ عَنْ مُنْذِرٍ أَبِي يَعْلَى الثَّوْرِيِّ عَنْ مُحَمَّدٍ ابْنِ الْحَنَفِيَّةِ قَالَ: قَالَ عَلِيٌّ كُنْتُ رَجُلاً مَذَّاءً، فَاسْتَحْيَيْتُ أَنْ أَسْأَلَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَمَرْتُ الْمِقْدَادَ بْنَ الأَسْوَدِ فَسَأَلَهُ فَقَالَ: ((فِيهِ الْوُضُوءُ)). وَرَوَاهُ شُعْبَةُ عَنِ الأَعْمَشِ.
[طرفاه 132، 269، تحفة 10264- 56/ 1].
Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa'id berkata, telah menceritakan kepada kami Jarir dari Al A'masy dari Mundzir Abu Ya'la Ats Tsauri dari Muhammad bin Al Hanafiyah ia berkata,

Ali berkata, "Aku adalah seorang laki-laki yang mudah mengeluarkan madzi, karena malu untuk bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam,

maka aku suruh Miqdad bin Al Aswad untuk bertanya. Lalu ia pun bertanya, beliau kemudian menjawab: "Cukup baginya berwudlu."

Syu'bah juga meriwayatkan dari Al A'masy."

«179» حَدَّثَنَا سَعْدُ بْنُ حَفْصٍ حَدَّثَنَا شَيْبَانُ عَنْ يَحْيَى عَنْ أَبِي سَلَمَةَ أَنَّ عَطَاءَ بْنَ يَسَارٍ أَخْبَرَهُ أَنْ زَيْدَ بْنَ خَالِدٍ أَخْبَرَهُ أَنَّهُ سَأَلَ عُثْمَانَ بْنَ عَفَّانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قُلْتُ أَرَأَيْتَ إِذَا جَامَعَ فَلَمْ يُمْنِ قَالَ عُثْمَانُ يَتَوَضَّأُ كَمَا يَتَوَضَّأُ لِلصَّلاَةِ، وَيَغْسِلُ ذَكَرَهُ. قَالَ عُثْمَانُ سَمِعْتُهُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. فَسَأَلْتُ عَنْ ذَلِكَ عَلِيًّا، وَالزُّبَيْرَ، وَطَلْحَةَ، وَأُبَيَّ بْنَ كَعْبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ فَأَمَرُوهُ بِذَلِكَ.
[طرفه 292، تحفة 9801، 10098، 3621 ل، 4997 ل، 3477].

. Telah menceritakan kepada kami Sa'd bin Hafsh telah menceritakan kepada kami Syaiban dari Yahya dari Abu Salamah bahwa

'Atha bin Yasar mengabarkan kepadanya,

bahwa Zaid bin Khalid mengabarkan kepadanya, bahwa ia pernah bertanya 'Utsman bin 'Affan radliallahu 'anhu, Aku bertanya, "Apa pendapatmu jika seorang laki-laki berhubungan badan dengan isterinya namun tidak keluar air mani?"

'Utsman menjawab, "Hendaknya ia berwudlu seperti wudlunya untuk shalat, lalu membasuh kemaluannya." Utsman melanjutkan, "Aku mendengarnya dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, aku menanyakan hal itu kepada 'Ali, Zubair, Thalhah, dan Ubay bin Ka'b? radliallahu 'anhum. Mereka semua menyuruh untuk melakukannya."

«180» حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ قَالَ: أَخْبَرَنَا النَّضْرُ قَالَ: أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ عَنِ الْحَكَمِ عَنْ ذَكْوَانَ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرْسَلَ إِلَى رَجُلٍ مِنَ الأَنْصَارِ فَجَاءَ وَرَأْسُهُ يَقْطُرُ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ((لَعَلَّنَا أَعْجَلْنَاكَ)). فَقَالَ نَعَمْ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ((إِذَا أُعْجِلْتَ أَوْ قُحِطْتَ، فَعَلَيْكَ الْوُضُوءُ)). تَابَعَهُ وَهْبٌ قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ. قَالَ أَبُو عَبْدِ اللَّهِ وَلَمْ يَقُلْ غُنْدَرٌ وَيَحْيَى عَنْ شُعْبَةَ الْوُضُوءُ.
[تحفة 3999].

Telah menceritakan kepada kami Ishaq berkata, telah mengabarkan kepada kami An Nadlr berkata, telah mengabarkan kepada kami Syu'bah dari Al Hakam dari Dzakwan Abu Shalih

dari Abu Sa'id Al Khudri, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengirim seorang utusan kepada seorang laki-laki Anshar.

Maka laki-laki Anshar itu pun datang sementara kepalanya basah. Lalu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bertanya: "Sepertinya kami telah membuat kamu tergesa-gesa?" Laki-laki Anshar itu menjawab, "Benar." Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam lalu bersabda: "Jika kamu dibuat tergesa-gesa atau tertahan (tidak mengeluarkan mani),

maka cukup bagimu berwudlu."

Hadits ini dikuatkan juga oleh Wahhab ia berkata, telah menceritakan kepada kami Syu'bah. Abu 'Abdullah berkata, riwayat Ghundar dan Yahya dari Syu'bah tidak menyebutkan 'wudlu'."

5.03minit.

Najis mn yg membatalkan wuduk??
Buat tajuk untuk menyatakan pendapatnya.
Iaitu sesuatu yg keluar dari qubul dan dubur.

Tajuk
Firman allah
Pendapat tabiin
Pendapat tambahan
Untuk menyatakan pendirian tentang perkara yg membatalkan wuduk.
Keluar najis dr qubul dan dubur dgn jln biasa akan membatalkan wuduk ,itu sj.

Bg Bukhari tidak batal yg selain dari itu.

Ada Yg dikira NAJIS.tak kira tempat keluar.
Maka dgn ini batal wuduk,pendapat syafie,najis darah,batal wuduk ,jika byk.

-keluar dari 2jln ,asalkan melalui ini ,batal bg syafie

-muntah pun batal
-kelak kuat ,batal wuduk bg imam hanafi.
-bg malik kalu yg biasa keluar tapi tidak secara normal tak batal
-kalu ore tebuk ,tidak mengikut jln biasa keluar kencing dan najis tidak batal bg imam bukhari.

-air mani keluar tak wuduk ,cuma kena mandi,berhadas besar,air mazi suruh ambil wuduk

20minit.

Tak serupa dgn imam malik
Sentuh kemaluan &perempuan,bukhari=abu hanifah.
Bukhari=Daud zohiri

Mujtahid mutlak
Kucar,tujuan nak bg tau tertib tak wajib

Anwar shah kashmiri=mengambil rupa orang yg solat
Contoh ,orang dah suci haid pada tengahari,menhambil rupa orang berpuasa

Jadi berdarah/luka ketika  solat  itu sudah batal kerana darah najis.
Bg Bukhari tidak.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan