Sesi 14
Sesi 14
Bab 35
Bab mewuduk orang lain
1.orang lain tolong ambil air
2.orang lain tolong cucur-boleh tapi khilafulaula(bawah pada harus dan ringan dr makruh)
3.orang lain tolong curah dan gosok.
Tuan diri niat.makruh tanpa uzur
Suami uzur atau bini uzur,bolehkah nak gosok?
Mandikan orang mati,batal?
Malik mensyarat tiada nafsu.
Bukhari kata boleh.
Solat memang tak boleh orang lain buat.
Wuduk boleh
🍇🍇🍇
Bab 35
باب الرَّجُلِ يُوَضِّئُ صَاحِبَهُ:
Sesaorang menolong mewudlu'kan temannya
-👌sambunganbab
-bolehkah meminta tolong ore lain untuk mengambil wuduk??? Atau dlm beribadah???
-bg bukhari boleh.berbeza dgn solat tidak boleh.ini ijmak tiada khilaf.semasa hidup atau selepas mati tak boleh.
-3bentuk
1.ore lain tolong ambil air ambil sendiri basuh tangan dll
2.ore lain cucur,boleh tapi khilafulaula/bawah pada harus dan ringan dr makruh
3.ore lain tolong curah air dan dia juga yg niat,tuan diri niat ,makruh kalu tidak uzur.
«181» حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ سَلاَمٍ قَالَ: أَخْبَرَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ عَنْ يَحْيَى عَنْ مُوسَى بْنِ عُقْبَةَ عَنْ كُرَيْبٍ مَوْلَى ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ
أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمَّا أَفَاضَ مِنْ عَرَفَةَ
عَدَلَ إِلَى الشِّعْبِ،
فَقَضَى حَاجَتَهُ.
قَالَ أُسَامَةُ بْنُ زَيْدٍ فَجَعَلْتُ أَصُبُّ عَلَيْهِ وَيَتَوَضَّأ
ُ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَتُصَلِّي فَقَالَ: ((الْمُصَلَّى أَمَامَكَ)).
[أطرافه 139، 1667، 1669، 1672، تحفة 115].
Dengan sanadnya Imam Bukhari meriwayatkan
Usamah bin zaid meriwayatkan ,sesungguhnya rasullah saw mengambil wuduk di Arafah
Apakah kita akan bersolat selepas berwuduk,
rasullah saw menjawab kita akan bersolat dihadapan.
👉
«182» حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ قَالَ: سَمِعْتُ يَحْيَى بْنَ سَعِيدٍ قَالَ: أَخْبَرَنِي سَعْدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ أَنَّ نَافِعَ بْنَ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ أَخْبَرَهُ أَنَّهُ سَمِعَ عُرْوَةَ بْنَ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ يُحَدِّثُ عَنِ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ أَنَّهُ كَانَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي سَفَرٍ، وَأَنَّهُ ذَهَبَ لِحَاجَةٍ لَهُ، وَأَنَّ مُغِيرَةَ جَعَلَ يَصُبُّ الْمَاءَ عَلَيْهِ، وَهُوَ يَتَوَضَّأُ، فَغَسَلَ وَجْهَهُ وَيَدَيْهِ وَمَسَحَ بِرَأْسِهِ وَمَسَحَ عَلَى الْخُفَّيْنِ.
[أطرافه 203، 206، 363، 388، 2918، 4421، 5798، 5799، تحفة 11514- 57/ 1].
Telah menceritakan kepada kami 'Amru bin 'Ali berkata, telah menceritakan kepada kami 'Abdul Wahhab berkata, aku mendengar Yahya bin Sa'id berkata, telah mengabarkan kepadaku Sa'd bin Ibrahim bahwa
Nafi' bin Jubair bin Muth'im mengabarkan kepadanya, bahwa dia mendengar
'Urwah bin Al Mughirah bin Syu'bah menceritakan dari
Al Mughirah bin Syu'bah, bahwa dia pernah bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dalam suatu perjalanan. Beliau lalu pergi untuk buang hajat,
sementara Al Mughirah menuangkan air untuk beliau hingga beliau pun berwudlu, membasuh muka, mengusap kepala dan sepasang sepatunya."
Bab 36
باب قِرَاءَةِ الْقُرْآنِ بَعْدَ الْحَدَثِ وَغَيْرِهِ:
Membaca al-Qur'an setelah berhadats atau yang lainnya
قِرَاءَةِ,baris bawah boleh ,baris depan pun boleh👉
Jika baris depan,mudhofunilaihi.
Membaca quran selepas hadas.
وَغَيْرِهِbaris bawah pun boleh ,baris depan pun boleh
Baris depan ,pegang sentuh,tulis,pegang wa tu atof
Baris bawah,atof kepada baca quran,hadas dan selain bc quran(selawat,zikir,doa)
Wau atof kepada quran dan selain alquran.
Wau atof kepada selain hadas,hadas=kentut,berak dan kencing,lain yg mbw kepada hadas contoh tidur,kemungkinan terkentut atau pengsan,menyentuh perempuan hadas besar berjunub atau haid.
Boleh bc quran pada semua keadaan.
Nak bc quran tiada wuduk,boleh.
-Tidak boleh menyentuhkan melainkan yg suci/mutoharum
-لا=la nafi ,tidak boleh
Bukan لا=tidak boleh
Tidak boleh atau jangan?
Jgn pergi=
Jgn menyentuhnya kecuali orang suci
Quran terjamin tidak boleh disentuh mlainkan orang suci.
Orang kafir boleh sentuh,yg tak boleh sentuh adalah syaitan.
Hadis kata.
Tidak boleh menyentuh kecuali orang yg suci atau haid atau berjunub
Bg Bukhari ,tiada satu hadis yg kemas/sahih yg larang tak leh sentuh quran.
Takwilan bukhari,tak boleh dgn makna kurang eluk bukan sampai haram,tapi lebih baik,dr segi adab.
Antara adabnya suci.
Muaz bin Jabal,
Nabi hantar surat ada ayat quran kepada herakclus yg kafir.
Larangan takzimi bukan larangan
وَقَالَ مَنْصُورٌ عَنْ إِبْرَاهِيمَ لاَ بَأْسَ بِالْقِرَاءَةِ فِي الْحَمَّامِ،
Mansur meriwayatkan dr ibrahim boleh membaca quran didlm bilik air.
-Gi bilik air buat apa,tempat yg tak bersih mana,atau dia berjunub atau buang air
وَبِكَتْبِ الرِّسَالَةِ عَلَى غَيْرِ وُضُوءٍ.
Dan menulis surat( ada dalil ayat quran) tiada wuduk
وَقَالَ حَمَّادٌ عَنْ إِبْرَاهِيمَ إِنْ كَانَ عَلَيْهِمْ إِزَارٌ فَسَلِّمْ، وَإِلاَّ فَلاَ تُسَلِّمْ.
Dan berkata Hamad dari Ibrahim Kalu mereka orang2 dibilik mandi pakai kain boleh bg salam atau tak pakai kain tak usah bg salam
Salam juga zikir dan ayat quran juga.
Nabi cepat2 tayamun supaya dlm keadaan suci untuk jawab salam yg eluk dlm keadaan wuduk.
«183» حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ قَالَ: حَدَّثَنِي مَالِكٌ عَنْ مَخْرَمَةَ بْنِ سُلَيْمَانَ عَنْ كُرَيْبٍ مَوْلَى ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَبَّاسٍ أَخْبَرَهُ أَنَّهُ بَاتَ لَيْلَةً عِنْدَ مَيْمُونَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهِيَ خَالَتُهُ فَاضْطَجَعْتُ فِي عَرْضِ الْوِسَادَةِ، وَاضْطَجَعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَهْلُهُ فِي طُولِهَا، فَنَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى إِذَا انْتَصَفَ اللَّيْلُ، أَوْ قَبْلَهُ بِقَلِيلٍ أَوْ بَعْدَهُ بِقَلِيلٍ، اسْتَيْقَظَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَجَلَسَ يَمْسَحُ النَّوْمَ عَنْ وَجْهِهِ بِيَدِهِ، ثُمَّ قَرَأَ الْعَشْرَ الآيَاتِ الْخَوَاتِمَ مِنْ سُورَةِ آلِ عِمْرَانَ، ثُمَّ قَامَ إِلَى شَنٍّ مُعَلَّقَةٍ، فَتَوَضَّأَ مِنْهَا فَأَحْسَنَ وُضُوءَهُ، ثُمَّ قَامَ يُصَلِّي. قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ فَقُمْتُ فَصَنَعْتُ مِثْلَ مَا صَنَعَ، ثُمَّ ذَهَبْتُ، فَقُمْتُ إِلَى جَنْبِهِ، فَوَضَعَ يَدَهُ الْيُمْنَى عَلَى رَأْسِي، وَأَخَذَ بِأُذُنِي الْيُمْنَى، يَفْتِلُهَا، فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ أَوْتَرَ، ثُمَّ اضْطَجَعَ، حَتَّى أَتَاهُ الْمُؤَذِّنُ، فَقَامَ، فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ، ثُمَّ خَرَجَ فَصَلَّى الصُّبْحَ.
[أطرافه 117، 138، 697، 698، 699، 726، 728، 859، 992، 1198، 4569، 4570، 4571، 4572، 5919، 6215، 6316، 7452، تحفة 6362].
Telah menceritakan kepada kami Isma'il berkata, telah menceritakan kepadaku Malik
dari Makhramah bin Sulaiman
dari Kuraib mantan budak Ibnu 'Abbas,
bahwa '
Abdullah bin 'Abbas mengabarkan kepadanya, bahwa ia pada suatu malam pernah bermalam di rumah Maimunah, isteri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, dan bibinya dari pihak ibu.
Katanya, "Aku berbaring di sisi bantal sementara Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan isterinya berbaring pada bagian panjang (tengahnya).
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam lalu tidur hingga pada tengah malam, atau kurang sedikit, atau lewat sedikit, beliau bangun dan duduk sambil mengusap sisa-sisa kantuk yang ada di wajahnya dengan tangan.
Beliau kemudian membaca sepuluh ayat terakhir dari Surah Ali 'Imran. Kemudian berdiri menuju tempat wudlu, beliau lalu berwudlu dengan memperbagus wudlunya, lalu shalat.
" Ibnu 'Abbas berkata, "Maka akupun ikut dan melakukan sebagaimana yang beliau lakukan, aku lalu berdiri di sampingnya.
Beliau kemudian meletakkan tangan kanannya di kepalaku seraya memegang telingaku hingga menggeserku ke sebelah kanannya.
Kemudian beliau shalat dua rakaat, kemudian dua rakaat, kemudian dua rakaat, kemudian dua rakaat, kemudian witir.
Setelah itu beliau tidur berbaring hingga tukang adzan mendatanginya, beliau lalu berdiri dan shalat dua rakaat ringan, kemudian keluar untuk menunaikan shalat Subuh."
👉kesan tidur yg lama dan selepas tu dia baca quran.dan selepas itu dia pi ambil wuduk.
-semua buat ,kecuali tawaf,kerana tawaf seperti solat bg aisyah yg sedang haid.ini ijtihad
Bab 37
باب مَنْ لَمْ يَتَوَضَّأْ إِلاَّ مِنَ الْغَشْيِ الْمُثْقِلِ:
Orang yang tidur tidak perlu berwudlu' lagi kecuali tidur yang berat (lama)
«184» حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ قَالَ: حَدَّثَنِي مَالِكٌ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنِ امْرَأَتِهِ فَاطِمَةَ عَنْ جَدَّتِهَا أَسْمَاءَ بِنْتِ أَبِي بَكْرٍ أَنَّهَا قَالَتْ أَتَيْتُ عَائِشَةَ زَوْجَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِينَ خَسَفَتِ الشَّمْسُ، فَإِذَا النَّاسُ قِيَامٌ يُصَلُّونَ، وَإِذَا هِيَ قَائِمَةٌ تُصَلِّي فَقُلْتُ مَا لِلنَّاسِ فَأَشَارَتْ بِيَدِهَا نَحْوَ السَّمَاءِ وَقَالَتْ سُبْحَانَ اللَّهِ. فَقُلْتُ آيَةٌ فَأَشَارَتْ أَيْ نَعَمْ. فَقُمْتُ حَتَّى تَجَلاَّنِي الْغَشْيُ، وَجَعَلْتُ أَصُبُّ فَوْقَ رَأْسِي مَاءً، فَلَمَّا انْصَرَفَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ، ثُمَّ قَالَ: ((مَا مِنْ شَيْءٍ كُنْتُ لَمْ أَرَهُ إِلاَّ قَدْ رَأَيْتُهُ فِي مَقَامِي هَذَا حَتَّى الْجَنَّةِ وَالنَّارِ، وَلَقَدْ أُوحِيَ إِلَيَّ أَنَّكُمْ تُفْتَنُونَ فِي الْقُبُورِ مِثْلَ أَوْ قَرِيبًا مِنْ فِتْنَةِ الدَّجَّالِ- لاَ أَدْرِي أَيَّ ذَلِكَ قَالَتْ أَسْمَاءُ- يُؤْتَى أَحَدُكُمْ فَيُقَالُ مَا عِلْمُكَ بِهَذَا الرَّجُلِ فَأَمَّا الْمُؤْمِنُ- أَوِ الْمُوقِنُ لاَ أَدْرِي أَيَّ ذَلِكَ قَالَتْ أَسْمَاءُ- فَيَقُولُ هُوَ مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ، جَاءَنَا بِالْبَيِّنَاتِ وَالْهُدَى، فَأَجَبْنَا وَآمَنَّا وَاتَّبَعْنَا، فَيُقَالُ نَمْ صَالِحًا، فَقَدْ عَلِمْنَا إِنْ كُنْتَ لَمُؤْمِنًا، وَأَمَّا الْمُنَافِقُ- أَوِ الْمُرْتَابُ لاَ أَدْرِي أَيَّ ذَلِكَ قَالَتْ أَسْمَاءُ- فَيَقُولُ لاَ أَدْرِي، سَمِعْتُ النَّاسَ يَقُولُونَ شَيْئًا فَقُلْتُهُ)).
[أطرافه 86، 922، 1053، 1054، 1061، 1235، 1373، 2519، 2520، 7287، تحفة 15750- 58/ 1].
Telah menceritakan kepada kami Isma'il berkata, telah menceritakan kepadaku Malik dari Hisyam bin 'Urwah dari isterinya Fatimah
dari neneknya Asma` binti Abu Bakar bahwa ia berkata, "Aku pernah menemui 'Aisyah, isteri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, ketika terjadi gerhana matahari.
Saat itu orang-orang sedang melaksanakan shalat dan saat itu iapun berdiri shalat. Setelah itu aku katakan kepadanya, "Apa yang dilakukan orang-orang?"
Aisyah lalu memberi isyarat dengan tangannya ke arah langit seraya berkata, "Maha suci Allah."
Aku lalu berkata, "Satu tanda kekuasaan Allah."
Lalu dia mengiyakan dengan memberi isyarat.
Maka akupun ikut shalat sementara timbul perkara yang membingungkanku, hingga aku siram kepalaku dengan air.
Selesai shalat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengucapkan puja dan puji kepada Allah, kemudian beliau bersabda:
"Tidak ada sesuatu yang belum diperlihatkan kepadaku, kecuali aku sudah melihatnya dari tempatku ini hingga surga dan neraka.
Dan telah diwahyukan kepadaku bahwa kalian akan terkena fitnah dalam qubur kalian seperti, atau hampir serupa dengan fitnah Dajjal yang aku sendiri tidak tahu fitnah apakah itu.
" Asma` berkata, "Setiap salah seorang dari kalian akan didatangkan (dalam sidang), lalu dikatakan kepadanya, 'Apa yang kamu ketahui tentang laki-laki ini (Rasulullah)? ' Adapun orang beriman atau orang yang yakin -aku tidak tahu mana yang Asma' ucapkan-, lalu orang tersebut akan menjawab,
'Dia adalah Muhammad utusan Allah. Ia datang kepada kami membawa penjelasan dan petunjuk.
Kami lalu menyambutnya, beriman dan mengikuti seruannya.'
Maka kepada orang itu dikatakan, 'Tidurlah kamu dengan baik, sungguh kami telah mengetahui bahwa kamu adalah orang beriman.'
Adapun Munafik atau pelaku dosa besar -Aku tidak tahu mana yang diucapkan Asma'- akan menjawab, 'Aku tidak tahu siapa dia, aku mendengar orang-orang mengatakan sesuatu maka aku pun mengikuti ucapan tersebut'."
-bini uzur,suami gosok?mazhab malik kena gosok,mazhab lain tak yah gosok.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan