Rabu, Mei 30, 2018

Sunan Abu Daud kitab puasa sesi 8

باب في تَوْكِيدِ السُّحُورِ:
Penekanan atau galakan nabisaw supaya kita bersahur
👉sin baris depan adalah perbuatan bersahur.kalau dibaca sin baris diatas adalah bahan makanan yg kita nak buat bersahur.
Ini kaedah bahasa arab.
Contoh lain
Wuduk,wau baris depan maknanya perbuatan berwuduk atau ambil air sembahyang.
Tapi jika wau baris atas jadi waduk adalah bahan yg kita gunakan untuk ambil air sembahyang.
Tuhur maknanya perbuatan bersuci.tapi kalu tahur maknaya bahan yg digunakan untuk bersuci.
Yakni kita sama wazan dia atau bentuk dia dari segi baris.
Jadi bukan a suhur
Kenapa bersahur?
Sebab nabi sangat galakan dan dia sendiri bersahur.iniadalah sunnah nabi saw.

٨ -  الصوم » ٧٧٠ -  في توكيد السحور
8. Puasa » 770. Penegasan untuk makan sahur

١٩٩٦ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُبَارَكِ عَنْ مُوسَى بْنِ عَلِيِّ بْنِ رَبَاحٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي قَيْسٍ مَوْلَى عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ عَنْ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ فَصْلَ مَا بَيْنَ صِيَامِنَا وَصِيَامِ أَهْلِ الْكِتَابِ أَكْلَةُ السَّحَرِ

1996. Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Al Mubarak, dari Musa bin Ali(Ulai )Rabah, dari ayahnya dari Abu Qais mantan budak 'Amr bin Al 'Ash, dari
'Amr bin Al 'Ash, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya pembeda(perbezaan)antara puasa kita dan puasa ahli kitab adalah makan sahur."
👉Musa marah orang panggil dia ulai,dia nak orang panggil dia Ali.Ali makna tinggi(biso).Ulai makna tinggi sikit2 sahaja.
Hamad=burung hantu..
Hamad=tengkorok.
Makan sahur أَكْلَةُ السَّحَرِsekali makan
Jika baca dgn uklatul dgn makna suapan untuk bersahur..tidak satu suapan..
Beza puasa dgn kita adalah sahur dgn ahli kitab.
Syariat orang dahulu juga syariat untuk kita...ini satu kaedah,secara umum kecuali ada dalil...macam ini
..ayat yg berkaitan dgn kesilapan sahabat yg tertidur....kena sambung puasa sebab tertidur....turunlah ayat yg menghapuskan yg dulu..
Ini juga menghapuskan syariat dulu..
Dia mandi telanjang tempat sunyi....nabi saw tiada..nabi musa ada,nabi ayub ada...kaedah tadi ..maka boleh pakai...
Sunnah,ada yg wajib ,ada yg sunat...
Ini bukan wajib ,tapi kalu bersahur ,eluk.
..allah boleh buat jadi kuat tanpa makanan...nabi saw diberi makan..
Nabi saw sambung puasa...sahabat dilarang sambung..
Yg sambung sudah mansukh..satu pendapat..
Atau ada yg kata harus sahaja kepada yg mampu...
Kalu yg buat tapi berpegang kepada mansukh jika buat juga jadi bidah.
Soal qunut...imam syafie pakai ralit2,ada sahabat anggap sudah mansukh..maka ini bidah yg khilaf...
Bidah  tiada dalil,khilaf ada dalil.... Ini dilihat ianya sudah mansukh.
Begitu juga jika haram disisi hanafi dan tidak haram disis imam lain .ini termasuk khilaf.
Makan sahur lewat adalah termasuk sunnah para rasul atau termasuk akhlak para rasul.
Lewat sampai mana ,sampai raoat ke waktu sabuh.
Waktu imsak bercanggah dgn sekian banyak salil quran dalil quran dan hadis.
Dalil yg tak terang tidak boleh dipakai.
Quran kata jelas ...wakulu wasyrobu...samapi kesubuh.tidak sebut imsak..dinegeri kita pakai dan semua senyap shj...hadis dan quran tidak dihiraukan...sangat mengecewakan....di nusantara ini....kalu saing dgn ulamak luar ...termalu kita...
Dimana kita pegang quran dan sunnah?...
Olehkerana pegang waktu imsak yg tak tahu dtg dari mana ,dah tak makam!
Ini sudah terpesong .

باب مَنْ سَمَّى السَّحُورَ الْغَدَاءَ:

٨ -  الصوم » ٧٧١ -  من سمى السحور الغداء

8. Puasa » 771. Yang mengatakan bahwa sahur adalah makan pagi

١٩٩٧ - حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ مُحَمَّدٍ النَّاقِدُ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ خَالِدٍ الْخَيَّاطُ حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ صَالِحٍ عَنْ يُونُسَ بْنِ سَيْفٍ عَنْ الْحَارِثِ بْنِ زِيَادٍ عَنْ أَبِي رُهْمٍ عَنْ الْعِرْبَاضِ بْنِ سَارِيَةَ قَالَ دَعَانِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى السَّحُورِ فِي رَمَضَانَ فَقَالَ هَلُمَّ إِلَى الْغَدَاءِ الْمُبَارَكِ

1997. Telah menceritakan kepada kami 'Amr bin Muhammad An Naqid, telah menceritakan kepada kami Hammad bin Khalid Al Khayyath, telah menceritakan kepada kami Mu'awiyah bin Shalih dari Yunus bin Saif, dari
Al Harits bin Ziyad dari Abu Ruhm dari Al 'Irbadh bin Sariyah, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengundangku untuk makan sahur pada Bulan Ramadhan, beliau berkata; "Kemarilah untuk makan siang yang mendapat berkah!"

👉Asal الْغَدَاءَadalah makan pagi.
Ada juga dipakai dgn makna makan tengahari.ini lagi lewat.
Makan pagi dgn makna sarapan.
Boleh ke tidak?
Boleh
Pah siapa dia?
Nabi saw sendiri.
Sahur ini mengambil alih makan pagi..
Tapi bukan kah mengelirukan..
Tapi pastikan dulu  kesahihan hadis ini.
Hadis ini tak berapa sahih sebab harit bin ziyah ,seorang perawi yg dhaif.
Hadis ini bercanggah dgn hadis yg lain.
Bg yg terima, الْغَدَاءَadalah  sahur.
Jika ada yg kata ada dalil,boleh tapi tak kemas.
Jagalah apa2 istilah yg nabi saw popularkan.
Sebesar kitab Abu daud ,hanya satu ini shj abu daud ambil hadis dari harits bin ziyad.maknanya jarang benar.kenapa? Ada masalah lah tu.jika tidak dia akan buat rujukan utama.
Ada pula yg kata ,lewat sikit tak pa?
Ibnu arabi kata ,sahur tu menggantikan الْغَدَاءَ.
Kenapa sahur panggil الْغَدَاءَ ?sebab dekat.

Ada yg berpendapat mula puasa setelah terbit matahari.tapi ini tak pernah berlaku!...
Hadis huzaifah..
Syeh zakaria kata yg ini tak pernah ada....
Khilaf alah kelewat tu ada tapi alah ko cepat ..tiada...
..saya (ishak ,guru imam bukhari)tak sir tak gapo..tak payah qada..walaupun kebanyakan ulamak kata sudah mansuhkan.bagaimana riwayat2 ini sahih ..tapi kenapa abu bakar  ada pakai lagi?!

١٩٩٨ - حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ الْحُسَيْنِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَبِي الْوَزِيرِ أَبُو الْمُطَرِّفِ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مُوسَى عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ نِعْمَ سَحُورُ الْمُؤْمِنِ التَّمْرُ

1998. Telah menceritakan kepada kami Umar bin Al Husain bin Ibrahim, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abu Al Wazir Abu Al Mutharrif, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Musa dari Sa'id Al Maqburi dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Sebaik-baik (makanan) sahur bagi seorang mukmin adalah kurma."

باب وَقْتِ السُّحُورِ:
٨ -  الصوم » ٧٧٢ -  وقت السحور
8. Puasa » 772. Waktu makan sahur

١٩٩٩ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَوَادَةَ الْقُشَيْرِيِّ عَنْ أَبِيهِ سَمِعْتُ سَمُرَةَ بْنَ جُنْدُبٍ يَخْطُبُ وَهُوَ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَمْنَعَنَّ مِنْ سُحُورِكُمْ أَذَانُ بِلَالٍ وَلَا بَيَاضُ الْأُفْقِ الَّذِي هَكَذَا حَتَّى يَسْتَطِيرَ

1999. Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid, dari Abdullah bin Sawadah Al Qusyairi dari ayahnya, saya mendengar
Samurah bin Jundab berkhutbah, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Janganlah Adzan Bilal dan putih di ufuk yang demikian menghalangi dari sahur kalian hingga cahayanya telah menyebar dan meluas di ufuk."
👉larangan dari nabi  لَايَمْنَعَنَّ مِنْ سُحُورِكُمْ أَذَانُ بِلَال
Sangat berlawanan dgn waktu imsak yg diada2kan.
Boleh makan sehingga abdullah ibnu abi maktum azan.
Ada yg bg alasan untuk bercermat...kenapa 5minit?tak 10minit?
Jika nak cermat ,kenapa tak lewatkan buka puasa?

٢٠٠٠ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ التَّيْمِيِّ ح و حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ حَدَّثَنَا زُهَيْرٌ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ التَّيْمِيُّ عَنْ أَبِي عُثْمَانَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَمْنَعَنَّ أَحَدَكُمْ أَذَانُ بِلَالٍ مِنْ سُحُورِهِ فَإِنَّهُ يُؤَذِّنُ أَوْ قَالَ يُنَادِي لِيَرْجِعَ قَائِمُكُمْ وَيَنْتَبِهَ نَائِمُكُمْ وَلَيْسَ الْفَجْرُ أَنْ يَقُولَ هَكَذَا قَالَ مُسَدَّدٌ وَجَمَعَ يَحْيَى كَفَّيْهِ حَتَّى يَقُولَ هَكَذَا وَمَدَّ يَحْيَى بِأُصْبُعَيْهِ السَّبَّابَتَيْنِ
2000. Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami Yahya dari At Taimi, dan telah diriwayatkan dari jalur yang lain: Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Yunus, telah menceritakan kepada kami Zuhair, telah menceritakan kepada kami Sulaiman At Taimi dari Abu Utsman dari
Abdullah bin Mas'ud, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Janganlah Adzan Bilal menghalangi salah seorang dari kalian dari makan sahurnya, karena ia mengumandangkan adzan -atau beliau mengatakan; menyeru- agar orang yang melakukan shalat kembali dan orang yang tidur terjaga.
Fajar tidaklah seperti ini."
Musaddad berkata; Yahya menggabungkan kedua telapak tangannya hingga berkata; seperti ini. Dan Yahya membentangkan kedua jari telunjuknya.
👉 Cahaya merah yg terkumpul...ini masa boleh lagi makan.
Fajar yg tak boleh makan ada fajar yg pecah melintang atau masuk waktu subuh....
...letak dua tangan ...apa makna?
....Makan dan minum lah sehingga melintang warna merah yg melintang dan disusuli warna putih....

٢٠٠١ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عِيسَى حَدَّثَنَا مُلَازِمُ بْنُ عَمْرٍو عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ النُّعْمَانِ حَدَّثَنِي قَيْسُ بْنُ طَلْقٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا يَهِيدَنَّكُمْ السَّاطِعُ الْمُصْعِدُ فَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَعْتَرِضَ لَكُمْ الْأَحْمَرُ قَالَ أَبُو دَاوُد هَذَا مِمَّا تَفَرَّدَ بِهِ أَهْلُ الْيَمَامَةِ

2001. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Isa, telah menceritakan kepada kami Mulazim bin 'Amr dari Abdullah bin An Nu'man, telah menceritakan kepadaku Qais bin Thalq dari ayahnya, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Makan dan minumlah dan janganlah menghalangi kalian sinar yang tinggi (yakni, terangnya fajar kadzib). Makan dan minumlah hingga nampak bagi kalian warna merah." Abu Daud berkata; ini adalah diantara yang hanya diriwayatkan oleh penduduk Al Yamamah.

٢٠٠٢ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا حُصَيْنُ بْنُ نُمَيْرٍ ح و حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا ابْنُ إِدْرِيسَ الْمَعْنَى عَنْ حُصَيْنٍ عَنْ الشَّعْبِيِّ عَنْ عَدِيِّ بْنِ حَاتِمٍ قَالَ لَمَّا نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ { حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمْ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنْ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ } قَالَ أَخَذْتُ عِقَالًا أَبْيَضَ وَعِقَالًا أَسْوَدَ فَوَضَعْتُهُمَا تَحْتَ وِسَادَتِي فَنَظَرْتُ فَلَمْ أَتَبَيَّنْ فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَضَحِكَ فَقَالَ إِنَّ وِسَادَكَ لَعَرِيضٌ طَوِيلٌ إِنَّمَا هُوَ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ و قَالَ عُثْمَانُ إِنَّمَا هُوَ سَوَادُ اللَّيْلِ وَبَيَاضُ النَّهَارِ

2002. Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami Hushain bin Numair, dan telah diriwayatkan dari jalur yang lain: Telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abu Syaibah, telah menceritakan kepada kami Ibnu Idris secara makna, dari Hushain dari Asy Sya'bi dari
Adi bin Hatim, ia berkata; tatkala turun ayat ini: "Hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam." Maka aku mengambil tali putih dan tali hitam dan aku letakkan keduanya di bawah bantalku, lalu aku lihat dan belum juga nampak. Lalu aku ceritakan hal tersebut kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, maka beliau tertawa dan berkata; sesungguhnya bantalmu lebar dan panjang. Sesungguhnya yang dimaksud benang hitam dan putih tersebut adalah malam dan siang. Utsman berkata; sesungguhnya hal tersebut adalah gelapnya malam dan putihnya siang.
👉Maksud panjang sangat panjang bantal mu....kiasan  kata nabi nak kata bodo!?
Kiasan kepada bodoh...tengkok lebar duk byk atas bantal.
Ada yg tak setuju.
Tapi ada yg kata tak apa,tapi teguran secara halus.
Maksud bantal kamu lebar
Satu..tidur mu banyak..kinayah..dekat nak masuk matahari baru bangun..serang masa tu a tak boleh...
Dua..
Bahasa.... tak boleh pergi kepada makna majaz terus....ada ke bantal orang yg sangat  panjang begitu?!
Cerah siang makna tebit fajar sadiq.

باب في الرَّجُلِ يَسْمَعُ النِّدَاءَ وَالإِنَاءُ عَلَى يَدِهِ:
٨ -  الصوم » ٧٧٤ -  في الرجل يسمع النداء والإناء على يده

8. Puasa » 774. Mendengar suara adzan sementara bejana masih berada di tangan

٢٠٠٣ - حَدَّثَنَا عَبْدُ الْأَعْلَى بْنُ حَمَّادٍ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا سَمِعَ أَحَدُكُمْ النِّدَاءَ وَالْإِنَاءُ عَلَى يَدِهِ فَلَا يَضَعْهُ حَتَّى يَقْضِيَ حَاجَتَهُ مِنْهُ

2003. Telah menceritakan kepada kami Abdul A'la bin Hammad, telah menceritakan kepada kami Hammad Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin 'Amr dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila salah seorang diantara kalian mendengar adzan, sedangkan bejana (makanan) masih ada di tangannya, maka janganlah ia meletakkannya hingga ia menyelesaikan hajatnya (sahurnya)."

Tiada ulasan:

Catat Ulasan