Jumaat, Jun 01, 2018

Sunan Abu Daud kitab puasa sesi 10

باب مَا يُفْطَرُ عَلَيْهِ:
Ini bab apa (sesuatu)yg dimakan ketika berbuka.@
Bab sesuatu yg eluk untuk berbuka dgnnya.

٨ -  الصوم » ٧٧٧ -  ما يفطر عليه

8. Puasa » 777. Yang dimakan saat berbuka puasa

٢٠٠٨ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ زِيَادٍ عَنْ عَاصِمٍ الْأَحْوَلِ عَنْ حَفْصَةَ بِنْتِ سِيرِينَ عَنْ الرَّبَابِ عَنْ سَلْمَانَ بْنِ عَامِرٍ عَمِّهَا قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَانَ أَحَدُكُمْ صَائِمًا فَلْيُفْطِرْ عَلَى التَّمْرِ فَإِنْ لَمْ يَجِدْ التَّمْرَ فَعَلَى الْمَاءِ فَإِنَّ الْمَاءَ طَهُورٌ

2008. Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami Abdul Wahid bin Ziyad dari 'Ashim Al Ahwal, dari Hafshah binti Sirin dari
Ar Rabab dari
Salman bin 'Amir yang merupakan pamannya, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila salah seorang diantara kalian sedang berpuasa, maka hendaknya ia berbuka dengan kurma, apabila ia tidak mendapatkan kurma hendaknya dengan air, karena sesungguhnya air dapat membersihkan (zhahir dan batin, atau menghilangkan rasa haus)."
👉 Ar Rabab  ini perempuan.
Dari Balah jadi rutab jadi tamar.
Perintah ini paling tinggi sunat.
Hadis ini , rabab perawi majhul maka dhaif.
Kalu tidak ada tamar minum air.
Memang buah tamar banyak kelebihan terutama ketika perut kosong.
Khasiat buah tamar ialah maka ia bertindak jadi makanan.
Kalu ada makanan ,dia akan tolak racun2.
Jika banyak boleh melemahkan penglihatan.
Hikmatnya akan memberi kekuatan pada tubuh.

Minit 18
Isyarat kemanisan iman atau kepahitan maksiat.
Kalu tak dak buah tamar ,minum air.
Air kosong,salah satu nikmat allah yg besar.
Loni air yg dimaksudkan adalah air mineral.
Manis buah2an atau manis madu.bukan gula.
Air kosong itu menyucikan .
Tohur ,bg orang fekah pula boleh menyucikan.
Tapi ini bukan menyucikan tetapi untuk minum menyucikan badan dari dlm.



٢٠٠٩ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ سُلَيْمَانَ حَدَّثَنَا ثَابِتٌ الْبُنَانِيُّ أَنَّهُ سَمِعَ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ يَقُولُ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

2009. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Hanbal, telah menceritakan kepada kami Abdurrazzaq, telah menceritakan kepada kami Ja'far bin Sulaiman, telah menceritakan kepada kami Tsabit Al Bunani bahwa ia telah mendengar
Anas bin Malik berkata; dahulu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berbuka dengan beberapa ruthab (kurma yang belum masak -tamar ,tamar kering) sebelum melakukan shalat, jika tidak dengan air maka dengan beberapa kurma, dan apabila tidak ada kurma maka beliau menghisap air beberapa kali.
👉Rutab buah kurma yg baru masak dgn beberapa biji.
Amalannya makan dgn witir atau ganjil.
Disudahi dgn 3@5@7tujuan menguatkan aqidah tauhid sebelum solat.
Kenapa sebelum solat?
Ini bermakna buka puasa itu cepat.
Dlm atsar sahabat ,depa bersolat bila kelam.ini macam mana?ini mereka buat tak serupa nabi saw?
ini nak menunjukan keharusan tapi jangan dijadikan kebiasaan.
Ondeh2 boleh mengambil tempat buah kurma..tidak sama.cuma nak ambil manisnya bolehlah.
Tapi kalu ada penyakit tak payah boleh ditinggalkan.
Kena ambil kira tuan diri itu sendiri.
Nabi saw berbuka 3biji tamar atau apa2 yg tak kena api.lepas tu baru makan sesuatu yg dimasak.

باب الْقَوْلِ عِنْدَ الإِفْطَارِ:
Ini bab ucapan ketika berbuka dan selepas berbuka puasa.

٨ -  الصوم » ٧٧٨ -  القول عند الإفطار

8. Puasa » 778. Doa saat buka puasa

٢٠١٠ - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى أَبُو مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْحَسَنِ أَخْبَرَنِي الْحُسَيْنُ بْنُ وَاقِدٍ حَدَّثَنَا مَرْوَانُ يَعْنِي ابْنَ سَالِمٍ الْمُقَفَّعَ قَالَ رَأَيْتُ ابْنَ عُمَرَ يَقْبِضُ عَلَى لِحْيَتِهِ فَيَقْطَعُ مَا زَادَ عَلَى الْكَفِّ وَقَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَفْطَرَ قَالَ
ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتْ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

2010. Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Muhammad bin Yahya Abu Muhammad, telah menceritakan kepada kami Ali bin Al Hasan, telah mengabarkan kepadaku Al Husain bin Waqid, telah menceritakan kepada kami
Marwan bin Salim Al Muqaffa', ia berkata;
saya melihat Ibnu Umar menggenggam jenggotnya dan memotong jenggot yang melebihi telapak tangan.
Dan ia berkata; dahulu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam apabila berbuka beliau mengucapkan: DZAHABAZH ZHAMAA`U WABTALLATIL 'URUUQU WA TSABATIL AJRU IN SYAA-ALLAAH
(Telah hilang dahaga, dan telah basah tenggorokan, dan telah tetap pahala insya Allah).
👉Bukti marwan ni tabiin ,boleh lihat jelas atau bukti dia ingat ibnu umar.
Ini ucapan setelah berbuka.
ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتْ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ
Kenapa nabi saw tak yakin?
Tak.nabi saw nak ajar kita ,umumnya kita belum pasti dapat pahala sekadar sah.ada yg tak sah.ada sah ,pahala tak boleh.pahala adalah kurniaan Allah.
Yg kedua ,supaya kita perhati apa yg perlu dijaga untuk dapat pahala.kau tak jaga tak dapat pahala.
Pahala yg wajib bukan mesti keatas Allah.atas kehendak allah semata.
Hadis ini riwayat mursal.Sapa yg dapat tahu.jadi dhaif.
Dia kuat jiga sebab ada byk lagi riwayat yg lain.

٢٠١١ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ عَنْ حُصَيْنٍ عَنْ مُعَاذِ بْنِ زُهْرَةَ أَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَفْطَرَ قَال
َ اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

2011. Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami Husyaim, dari Hushain dari Mu'adz bin Zuhrah, bahwa telah sampai kepadanya bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam apabila berbuka beliau mengucapkan:
ALLAAHUMMA LAKA SHUMTU WA 'ALAA RIZQIKA AFTHARTU (Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan dengan rizqiMu aku berbuka).
👉Ini ucapan sebaik saja  sebelum berbuka.atau hampir2 berbuka.
Yg ada tambah ,tiada asas tapi maknanya betul ada disebut oleh imam nawawi.

Minit 47
Banyak perkara kena tahu ,tak buat tak apa.
Nak mula berpuasa kerana Allah dan nak berbuka puasa pun kerana Allah...rezeki semuanya dari Allah.
Jumhur ulamak paling tinggi sunat.
Ibnu hazam kata wajib buka puasa.
Juga arohawih pun kata wajib

باب الْفِطْرِ قَبْلَ غُرُوبِ الشَّمْسِ:
Bab berbuka sebelum terbenam matahari.

٨ -  الصوم » ٧٧٩ -  الفطر قبل غروب الشمس

8. Puasa » 779. Berbuka sebelum terbenamnya matahari

٢٠١٢ - حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ وَمُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ الْمَعْنَى قَالَا حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ
حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عُرْوَةَ عَنْ فَاطِمَةَ بِنْتِ الْمُنْذِرِ عَنْ أَسْمَاءَ بِنْتِ أَبِي بَكْرٍ قَالَتْ أَفْطَرْنَا يَوْمًا فِي رَمَضَانَ فِي غَيْمٍ فِي عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
ثُمَّ طَلَعَتْ الشَّمْسُ قَالَ أَبُو أُسَامَةَ قُلْتُ لِهِشَامٍ أُمِرُوا بِالْقَضَاءِ قَالَ وَبُدٌّ مِنْ ذَلِكَ

2012. Telah menceritakan kepada kami Harun bin Abdullah dan Muhammad bin Al 'Ala` secara makna, mereka berkata; telah menceritakan kepada kami Abu Usamah, telah menceritakan kepada kami Hisyam bin 'Urwah, dari Fathimah binti Al Mundzir, dari
Asma` binti Abu Bakr, ia berkata; pada suatu hari kami berbuka pada Bulan Ramadhan dalam cuaca yang mendung pada zaman Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kemudian matahari nampak.
Abu Usamah berkata; aku katakan kepada Hisyam; apakah mereka diperintahkan untuk mengqadha`?
Ia menjawab, Ia harus mengqadha`nya.
👉zaman rasullah saw bererti zaman rasullah saw masih hidup.
Bgmn dgn puasanya?
Kebanyakan ulamak kata  batal tapi kena tahan diri dari makan dan minum.
Tiada kafarah.tapimada juga yg kata tak kena qada.
Riwayat ini ada dlm bukhari.daintak pasti bererti dia tak tahu.
Hafiz ibnu hajar cuba jamak,

باب في الْوِصَالِ:
Ini bab tentang menyambung2 puasa.
Samapi waktu sahur pun tak sahur atau sambung sampai dua atau tiga atau empat hari.

٨ -  الصوم » ٧٨٠ -  في الوصال
8. Puasa » 780. Penjelasan tentang puasa wishal

٢٠١٣ - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ الْقَعْنَبِيُّ عَنْ مَالِكٍ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ الْوِصَالِ قَالُوا فَإِنَّكَ تُوَاصِلُ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِنِّي لَسْتُ كَهَيْئَتِكُمْ إِنِّي أُطْعَمُ وَأُسْقَى

2013. Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Maslamah Al Qa'nabi, dari Malik dari Nafi' dari
Ibnu Umar bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah melarang dari wishal, mereka berkata; anda melakukan wishal wahai Rasulullah. Beliau berkata; sesungguhnya aku tidak seperti kalian, aku diberi makan dan minum.
👉puasa ini khusus untuk nabi saw sahaja .untuk orang lain jadi larangan sehingga haram jika mudharat atau makruh tahrimi atau makruh tanzimi.
Jika boleh berpuasa sahaja,hak orang lain terabai.maka tak boleh.makruh dekat2 dgn haram.
Sahabta dilarang.
Islam agama rahmat,kita tak mahu rahmat?
Yg paling baik,puasa sehari dan berbuka sehari.

٢٠١٤ - حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ أَنَّ بَكْرَ بْنَ مُضَرَ حَدَّثَهُمْ عَنْ ابْنِ الْهَادِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ خَبَّابٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا تُوَاصِلُوا فَأَيُّكُمْ أَرَادَ أَنْ يُوَاصِلَ فَلْيُوَاصِلْ حَتَّى السَّحَرَ قَالُوا فَإِنَّكَ تُوَاصِلُ قَالَ إِنِّي لَسْتُ كَهَيْئَتِكُمْ إِنَّ لِي مُطْعِمًا يُطْعِمُنِي وَسَاقِيًا يَسْقِينِي

2014. Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa'id bahwa Abu Bakr bin Mudhar telah menceritakan kepada mereka, dari Ibnu Al Had dari Abdullah bin Khabbab dari
Abu Sa'id Al Khudri bahwa ia telah mendengar
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkata: "Janganlah kalian melakukan puasa wishal, barangsiapa diantara kalian yang menghendaki untuk melakukan wishal maka hendaknya ia melakukannya hingga waktu sahur."
Mereka berkata; anda melakukannya.
Beliau berkata: "Sesungguhnya aku tidak seperti kalian, aku memiliki Pemberi makan dan Pemberi minum."
👉Nabi saw tak benarkan sahabat ikut.
Puasa wisal khusus untuk nabi saw shj.

باب الْغِيبَةِ لِلصَّائِمِ:
Ini bab mengumpat bg orang yg berpuasa.

٨ -  الصوم » ٧٨١ -  الغيبة للصائم
8. Puasa » 781. Ghibah bagi orang yang berpuasa

٢٠١٥ - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ عَنْ الْمَقْبُرِيِّ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ و قَالَ أَحْمَدُ فَهِمْتُ إِسْنَادَهُ مِنْ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ وَأَفْهَمَنِي الْحَدِيثَ رَجُلٌ إِلَى جَنْبِهِ أُرَاهُ ابْنَ أَخِيهِ

2015. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Yunus, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Dzi`bin, dari Al Maqburi, dari ayahnya dari
Abu Hurairah, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan palsu dan pengamalannya, maka Allah tidak butuh ia meninggalkan makan dan minumnya."
Ahmad berkata; aku memahami sanadnya dari Ibnu Abu Dzi`bin, dan seseorang yang ada di sampingku yang aku kira adalah anak saudaranya(lelaki yg ada sebelahnya) telah memahamkan hadits tersebut kepadaku.

٢٠١٦ - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ الْقَعْنَبِيُّ عَنْ مَالِكٍ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الصِّيَامُ جُنَّةٌ إِذَا كَانَ أَحَدُكُمْ صَائِمًا فَلَا يَرْفُثْ وَلَا يَجْهَلْ فَإِنْ امْرُؤٌ قَاتَلَهُ أَوْ شَاتَمَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّي صَائِمٌ إِنِّي صَائِمٌ

2016. Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Maslamah Al Qa'nabi, dari Malik dari Abu Az Zinad dari Al A'raj dari
Abu Hurairah bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata: "Puasa adalah tameng, apabila salah seorang diantara kalian berpuasa maka janganlah ia berkata kotor, dan melakukan perbuatan bodoh. Apabila terdapat seseorang memusuhinya atau mencelanya maka hendaknya ia mengatakan; aku sedang berpuasa."

Minit 9

Tiada ulasan:

Catat Ulasan